Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Pencak Silat Menggunakan Audio Visual Untuk Siswa SMK
Abstract View: 79, PDF Download: 58 SIMILARITY CHECK Download: 19DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v4i1.2947Keywords:
pengembangan, media pembelajaran, teknik dasar, pencak silat, audio visualAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah minimnya media pelatihan yang mampu membantu pelatih atau guru dalam proses penyampaian materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Teknik dasar pencak silat menggunakan audio visual untuk siswa SMK Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Indralaya Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis/prasurvei, pembuatan kisi-kisi instrument atau angket, konsultasi dengan pembimbing, dan penulisan instrument/angket. Hasil penelitian pada uji kelompok kecil, diperoleh r tabel = 0,468 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh r tabel = 0,542 ternyata rxy yang besarnya 0,96 adalah lebih besar dari pada r tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pada uji kelompok besar, diperoleh r tabel = 0,66 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh r tabel = 0,72 ternyata rxy yang besarnya 0,98 adalah lebih besar dari pada r tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara media pembelajaran audio visual dengan pemahaman materi teknik dasar pencak silat (Kuda-kuda) di SMK Negeri 1 Indralaya Selatan pada uji kelompok besar.
References
Abdul. W. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi).
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Silat, P. (2017). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PENCAK SILAT Bahrul Ulum Muhammad (1) Agus Mukholid (2) Sri Santoso Sabarini (3) (1)(2)(3). 1, 9–20.
Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online). PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Terbitan Depdiknas.
Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Wineka Media.
Sinulingga, A. (2021). Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.303
M Andre Nopriansyah, Jujur Gunawan Manullang, P. H. L. (2024). Pengembangan modul permainan sepak bola berbasis latihan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidik, 09. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12267
Muhajir, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.
Palembang, U. P. (2023). 1 , 2 , 3. 6(Ii), 787–796.
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. PT Raja Grafindo Persada.
Kinanti, P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pencak Silat Berbasis Digital Di Sd Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Penjaskesrek, 10(2), 89–103. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v10i2.2371
Imansyah, F. (2023). The Effect of Limb Explosive Power and Wrist Flexion on The Lay-up Shoot Ability of Extracurricular Basketball. Journal of Social Work and Science Education, 4(3), 335–341. https://doi.org/10.52690/jswse.v4i3.558
Sulistyorini, S. (2017). Pengembangan Latihan Taekwondo Dengan Media Audio-Visual Untuk Ekstrakurikuler Taekwondo Di Sma Kabupaten Tulungagung. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 30. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p30-39
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Wardana, I. D. M. O. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Bola Voli Pada Siswa Di Smp Negeri 1 Selemadeg. Suluh Pendidikan, 19(2), 193–204. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i2.359