PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Abstract View: 30, PDF Download: 723

Authors

  • Jumriati Jumriati universitas islam makassar

Keywords:

Keterampilan, Cerpen, Problem Based Learning

Abstract

proses peningkatan pembelajaran
keterampilan menulis cerpen melalui metode Problem Based Learning siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone dan (2) hasil peningkatan pembelajaran keterampilan
menulis cerpen melalui metode Problem Based Learning siswa kelas VII SMP Negeri 3
Salomekko Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu:
tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi dalam penelitian ini
adalah SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone dan subjek penelitian adalah guru sebanyak 1
orang dan siswa kelas VII sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes
dan nontes. Sementara teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis
kuntitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan metode Problem Based Learning
dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada tahap proses dan hasil. Pada tahap
proses, pembelajaran menulis cerpen dilaksanakan oleh guru berkolaborasi dengan peneliti.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2000. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamdi, dkk. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:

BPFE.

.2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Saleh Abbas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Aktif di Sekolah Dasar. Jakarta :

Depdiknas.

Sarjono, Haryadi, dkk. 1996.Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:

Depdiknas.

.1996.Upaya Meningkatkan Menulis Paragraf Pada

Siswa.Yogyakarta:UNY.

Shoimin, Aris.2013.Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: AR-RUZZ

Media.

Smith. 2007. Keterampilan Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Stanton,Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, Jacob. 2007. Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparno, dkk.2007. Keterampilan Menulis. Jakarta:Universitas Terbuka.

Syamsi,Kastam. 1999.Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Genre.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Penerbit Angkasa.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Jumriati, J. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(1), 40–54. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/321
Abstract View: 30, PDF Download: 723