HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS XI MTs.AI ATTANWIR BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2020/2021

Abstract View: 191, PDF Download: 149

Authors

  • M. Iqbal Tawakkal Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jec.v3i2.354

Keywords:

menulis teks narasi, penguasaan kosakata, motivasi belajar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan antara:  (1)  penguasaan  kosakata  dan  keterampilan  menulis  teks  narasi,  (2) motivasi  belajar  dan  keterampilan  menulis  teks  narasi,  dan  (3)  penguasaan kosakata dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.AI  ATTANWIR Bojonegoro, bulan Januari  hingga  Juni  2021.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  metode survai korelasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks narasi (ry1 = 0,52 pada taraf nyata ? = 0,05 dengan N = 63, r = 0,244, dan t1>tt); (2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dan keterampilan menulis teks narasi (ry2 = 0,25 pada taraf nyata ? = 0,05 dengan N = 63, r  = 0,244, dan t2>tt); dan (3) ada hubungan positif antara penguasaan kosakata dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks narasi (Ry12 = 0,53 pada taraf nyata ? = 0,05 dengan N= 63, R = 0,244, dan Fh>Ft). Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama penguasaan kosakata dan motivasi belajar memberikan sumbangan yang berarti (sebesar 27,04%) pada keterampilan menulis teks narasi. Ini menunjukkan  bahwa  kedua variabel tersebut dapat menjadi predikator  yang baik bagi keterampilan menulis teks narasi.

References

Achmad, S. (2013). Developing english vocabulary mastery through meaningful learning approach: An applied linguistics study at competitive class of junior high schools in gorontalo city, Indonesia. International Journal of Linguistics, 5(5), 75-97.

Ahmad, A, dkk. (2014). Buku Pendamping Bahasa Indonesia: untuk SMK Semester Genap (Kelas XI). Karanganyar: Gema Aksara.

Depdiknas. (2006). KTSP: Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif. Jakarta: Penerbit Kencana.

Hakim, M. Arief. (2008). Kiat Menulis Artikel di Media Dari Pemula Sampai

Mahir. Bandung: Penerbit Nuansa.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Stategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Keraf, G. (2001a). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT.Gramedia. Keraf, G. (2001b). Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Murtono. (2010). Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia. Surakarta: Sebelas

Maret University Press.

Novika, Anggalia dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) dan Kemampuan Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi. Basastra, 1(3), 411-423.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Parera, J.D. (2010). Morfologi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saddhono, K. (2013). Komposisi Ilmiah Bahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga

Pengembangan Pendidikan UNS.

Sallabas, M.E. (2013). Analysis of narrative texts in secondary school textbooks in terms of values education. Educational Research and Reviews, 8(8),

-366.

Samsiyah, Siti, dkk. (2013). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto). Basastra. 1(1), 27-36.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Rajagrafindo Persada.

Schunk, Dale H., dkk. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Slamet, St. Y. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Suwandi, S. (2011). Semantik. Yogyakarta: Media Perkasa.

Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Tawakkal, M. I. (2021). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS XI MTs.AI ATTANWIR BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2020/2021. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(2), 1–16. https://doi.org/10.32665/jec.v3i2.354
Abstract View: 191, PDF Download: 149