PENINGKATAN KECAKAPAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA SD RAUDLATUL ULUM

Abstract View: 156, PDF Download: 157

Authors

  • M. Iqbal Tawakkal Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

keterampilan menulis, teks eskplanasi, media audio visual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan kecakapan menulis taks eskplanasi siswa melalui penggunaan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian sindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan tingkat kecakapan menulis teks eksplanasi pada siswa. Rata-rata skor teks eksplanasi siswa skor teks adalah 74,61 dengan tingkat keberhasilan 69,23%. Pada periode penjelasan teks akhir siswa-rata skor adalah 84,42 dengan tingkat keberhasilan 88,46%.

References

Effendy, O.U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Kosasih, E. & Restuti. (2013). Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W.. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana Prenada media Grup.

Sapto H. (2009). Efektifitas pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi@Elektro 5 (1). ISSN 1929-989X.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siswoyo, D., dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Tawakkal, M. I. (2022). PENINGKATAN KECAKAPAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA SD RAUDLATUL ULUM. JEC (Journal of Education and Counseling), 4(1), 1–14. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/561
Abstract View: 156, PDF Download: 157