ANALISIS PROBEMATIKA PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN TEORI KENNETH D. MOORE

Abstract View: 68, PDF Download: 51

Authors

  • Giati Anisah Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32665/jec.v2i2.454

Keywords:

Problematika pembelajaran, persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran bahasa Indonesia, teori Kenneth D. Moore

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan menghasilkan analisis problematika persiapan dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan teori Kenneth D. Moree. Terdapat enam tahap yang dianalisis yaitu (1) diagnosing the learning situasion, (2) planning the course, (3) planning the instruction, (4) guiding learning activities, (5) evaluating learning, dan (6) following up. Guru dan siswa mengalami permasalahan hampir pada setiap tahap.

References

Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15-25.

Branch, M. R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Ghazali, Abdus S. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, Auditory, Kinaesthetik Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies In Education. vol 2 no 1, (online), (www.macrothink.org/jse), diakses tanggal 28 Maret 2020.

Harsiati, T. (2011). Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Merill, D. M. (1994). Instructional Design Theory. New Jersey: Educational Technology Publications.

Moore, K. D. (2005). The Effective Instructional Strategies from Theory to Practice. London: Sage Publication.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online) (http://litbang.kemdiknas.go), diakses 28 Oktober 2014.

Priyatni, E. T. (2013). Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Terwase, O. A. (2018). Diagnostic Assesment: A Tool for quality Control in Education. (Online), (https://aai.ku.edu/sites/aai.ku.edu/files/docs/conference/NCME17__Obadare-Akpata_Terwase__A_Tool_for_Quality_Control_in_Education__Paper.pdf) diakses tanggal 27 Maret 2020

Vygotsky, L.S. (1986). Thought and Language. Cambrige: Tha MIT Press.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Anisah, G. (2022). ANALISIS PROBEMATIKA PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN TEORI KENNETH D. MOORE. JEC (Journal of Education and Counseling), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.32665/jec.v2i2.454
Abstract View: 68, PDF Download: 51