IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO

Abstract View: 177, PDF Download: 143

Authors

  • Cholilur Rohman Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Giati Anisah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jec.v3i1.455

Keywords:

metode Jibril, kompetensi menyimak dan membaca

Abstract

Metode Jibril adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya. Secara metodologis, Nabi Muhammad SAW mengajarkan Al-Qur’an kepada para sahabat seperti halnya ketika beliau menerima dari malaikat Jibril. Model At-Tartil adalah suatu panduan dalam belajar membaca Al-Qur’an yang langsung (tanpa di eja) dan memasukkan atau mempraktikkan pembisaaan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ulumut tajwid dan ulumul ghorib. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Lokasi penelitian berada di MTs Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro. Data diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan acuan dari teori Miles dan Hubberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan pengujian credibility dengan metode triangulasi (sumber dan teknik), dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) Perencanaan dalam metode Jibril Model At-Tartil meliputi doa pembuka yang dibaca bersama-sama dengan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran metode Jibril Model At-Tartil kepada siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran metode Jibril model At-Tartil meliputi dua tahapan pembelajaran yaitu  inti dan penutup. Dalam tahapan inti terdiri dari Talqin dan Ittiba’ (penjelasan materi), Urdloh klasikal dengan alat peraga At-Tartil, Urdloh klasikal dengan buku pegangan siswa At-Tartil, dan Urdloh individu. Sedangkan dalam tahapan penutup terdiri dari pemberian arahan oleh guru kepada siswa secara individual dan doa penutup yang dibaca secara bersama-sama. 3) Hasil proses pembelajaran metode Jibril model At-Tartil di MTs Darul Huda Sugihwaras memuaskan. 4) Kemampuan membaca Al Qur’an siswa terhitung berkembang pesat.

References

Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta,Rineka Cipta, 2011), hal. 83.

Farida Jaya, Perencanaan Pembelajaran, (Medan : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara, 2019), hlm. 8

KH. Muchsin Nurhadi, Oleh-oleh dari Pondok, (Surabaya : Sumber Agung : 2017), hlm. 1

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung. 2007. hal. 270

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012), edisi ke-17. hlm. 247-249 dan 252-253

Taufiqurrochman, Metode Jibril Bimbingan Metode PIQ-Singosari Kh.M. Bashori Alwi, (Malang: IKAPIQ, 2005), cet 1. hal. 11

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Rohman, C., & Anisah, G. (2022). IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(1), 55–62. https://doi.org/10.32665/jec.v3i1.455
Abstract View: 177, PDF Download: 143