Peningkatan Soft Skill Pengembangan Diri di Dunia Kerja Pada Santri Rumah Gemilang Indonesia Sentra Primer

Abstract View: 257, PDF Download: 231

Authors

  • Bambang Eko Samiono Universitas Al Azhar Indonesia
  • Karina Amanda Puthy Universitas Al Azhar Indonesia
  • Yossi Anggraeni Universitas Al Azhar Indonesia
  • Helmi Yesri Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1269

Keywords:

softskill, komunikasi, motivasi, pemecahan masalah

Abstract

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) cabang Sentra Primer merupakan satu dari rumah singgah yang di kelola Al-Azhar Peduli Ummat dan merupakan salah satu program pemberdayaan yang mengadopsi platform pesantren dengan fokus pada penyelenggaraan pendidikan non formal dalam kemasan short course (kursus singkat).  Pada peserta short course Jurusan Perkantoran diperoleh permasalahan adanya kesiapan yang mereka punyai utamanya untuk menyongsong dunia kerja utamanya mengenai pengetahuan dan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.  Solusi yang diberikan oleh program Pengabdian Masyarakat ini adalah dengan memberikan program motivasi, dan soft skill dalam bidang komunikasi dan problem solving.  Program ini di berikan dalam pelatihan yang dengan menerapkan metode paparan dan praktek berupa game serta test kemampuan kepada 8 orang peserta program.  Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah bahwa program ini telah di ikuti oleh Santri RGI dengan baik berbagai materi dapat dipahami oleh siswa RGI sebagai bekal soft skill menuju jenjang karir yang akan datang.  Dari survei kepuasan diperoleh adanya angka kepuasan 4.5 dari 5 serta diperoleh informasi dari wawancara adanya perubahan pada pola pikir, cara pandang, dan adanya keinginan untuk mengaplikasikan ilmu barunya sebagai soft skill di lingkungan kerja.

References

Aulia, N. S. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tenggarong. Ejournal Psikologi Fisip Universitas Mulawarman, 5(3) 466-476.

Ayuningtyas. (2015). Hubungan antara kemandirian dengan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Dirwanto. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Ma’aruf NU Kesesi Pekalongan. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Fadilah. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1).

Ika Yulianti, M. K. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Kemampuan Soft skills Terhadap Tingkat Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahliaan Akuntansi Di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2). 389-403.

Ino Yuwono, F. S. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1) 65-77.

Mazdalifah. (2014). Komunikasi Intrapersonal Ditinjau dari Sudut Pandang Psikologi Komunikasi. Jurnal pemberdayaan komunitas, 3(1).

Ni Putu Ratna Wiryani, I. M. (2015). Survei Deskroptif Faktor Motivasi Memasuki Dunia KErja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Di Bidang TIK Se-Bali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Teknik Informatika, 4(4) 2-10.

Nia Junaidi, A. S. (2018). Pengaruh motivasi memasuki dunia kerja dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi universitas negeri padang. jurnal EcoGen, 1(2).

Prasetyo, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Press. EduResearch.

Samiono, B. E. (2021). Start-up business camp TDA wilayah Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(2).

Sudrajat, A. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Di Arthindo Utama. Jurnal Akrab Juara, 5(1), 150-159.

Tia Ristiasari, B. P. (2012). Model Pembelajaran Problem solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1 (3), 8.

Utaminingtyas, R. R. (2019). Pengembangan Aspek Non Verbal Perilaku Asertif Dengan Assertive Training. Jurnal Admisi dan Bisnis, 20 (2) 117-126.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Samiono, B. E., Puthy, K. A., Anggraeni, Y., & Yesri, H. (2022). Peningkatan Soft Skill Pengembangan Diri di Dunia Kerja Pada Santri Rumah Gemilang Indonesia Sentra Primer. Journal of Research Applications in Community Service, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1269
Abstract View: 257, PDF Download: 231