Manajemen Strategik KAP: Pentingnya Perencanaan dan Kebijakan Jangka Panjang

Abstract View: 560, PDF Download: 409

Authors

  • Made Sudarma Universitas Brawijaya
  • Steffi Lituhayu Van Tama Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1305

Keywords:

Manajemen strategik, Perencanaan, Kebijakan jangka panjang, KAP

Abstract

Era modern menuntut segala aspek kehidupan manusia berkembang semakin cepat, tak terkecuali bisnis. Perkembangan bisnis yang cepat dan ketat mengakibatkan adanya persaingan bisnis yang dapat menjadi risiko yang harus dihadapi setiap usaha. Untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis, setiap usaha perlu memiliki perencanaan dan kebijakan strategis yang baik. Hal ini juga berlaku bagi Kantor Akuntan Publik, salah satunya adalah Kantor Akuntan Publik Made Sudarma, Thomas & Dewi. Sayangnya, Kantor Akuntan Publik (KAP) ini belum menentukan perencanaan dan kebijakan strategis untuk keberlangsungan usaha mereka maupun untuk menganalisis kekuatan dan kelemahannya. Untuk mengatasi masalah ini, Kantor Akuntan Publik Made Sudarma, Thomas & Dewi perlu menerima pendampingan mengenai pentingnya manajemen strategik dalam menyusun perencanaan dan kebijakan jangka panjang bagi Kantor Akuntan Publik (KAP). Setelah kegiatan pendampingan dilakukan, ditemukan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang mengungkapkan bahwa 88% dari jumlah peserta sangat puas dan 12% dari jumlah peserta puas terhadap materi yang dibawakan, 100% dari jumlah peserta sangat puas terhadap pemateri, dan 94% dari jumlah peserta sangat puas dan 6% dari jumlah peserta puas terhadap jalannya acara (waktu, tempat, dan lain-lain).

References

Abdolvand, M. A., & Asadollahi, A. (2012). The Study of Strategic Industrial Planning for Using Model SWOT. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(1), 136–143.

Anggraini, A. R. (2018). Dilema Praktik Kantor Akuntan Publik: Pertautan Antara Keberlangsungan Hidup dengan Kualitas Audit. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 14(3), 177–194.

Arisinta, O. (2013). Pengaruh kompetensi, independensi, time budget pressure, dan audit fee terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Surabaya. Majalah Ekonomi Universitas Airlangga, 23(3), 266–278.

Carpenter, M. A., & Sanders, W. G. (2007). Strategic Management, a Dynamic Perspective, Concepts and Cases (2nd ed.). Pearson Prentice Hall.

Hertati, L., Syafarudin, A., & Safkaur, O. (2020). PERAN MANAJEMEN PERUBAHAN PADA AKUNTANSI MANAJEMEN STRATEGIS AKIBAT VIRUS CORONA. I-FINANCE: A Research Journal on Islamic Finance, 6(2), 106–124.

Hoesada, J. (2022). Manajemen Strategis Kantor Akuntan Publik. Diakses dari https://kpap.go.id/2022/03/publikasi/manajemen-strategis-kantor-akuntan-publik/

Kenisah, M. L., Yulina, & Cendra. (2021). BAGAIMANA KINERJA USAHA MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID-19? Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 210–226.

Kotler, P. (1998). A Generic Concept of Marketing. Marketing Management, 7(3), 48–54.

Soltani, Z., Zareie, B., Milani, F. S., & Navimipour, N. J. (2018). The impact of the customer relationship management on the organization performance. Journal of High Technology Management Research, 29(2), 237–246.

Sugiharto, T., Sulistyowati, N., & Nofiyanti, R. (2016). PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI, PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENGGUNAAN INTERNET/TIK, TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO & KECIL. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 207–221.

Sulistiani, D. (2014). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS. El-Qudwah: Jurnal Integrasi Sains Dan Islam.

Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik, (2011). Diakses dari https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2011_5.pdf

Widayanto, M. T. (2020). Analisis Penerapan Manajemen Strategik dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Usaha. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 173–182.

Widayanto, M. T., Hermawan, D. J., Junaidi, & Natsir, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik dan Hubungannya Dengan Keberlangsungan (Going Concern) Usaha. Jurnal Sketsa Bisnis, 7(2), 72–83.

Zarei, M., & Paghaleh, M. J. (2011). Strategic Management of Business in Food Industry: By an Integrated Deployment of AHP and Freeman Model. Business Management Dynamics, 1(3), 47–52.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Sudarma, M., & Tama, S. L. V. (2022). Manajemen Strategik KAP: Pentingnya Perencanaan dan Kebijakan Jangka Panjang. Journal of Research Applications in Community Service, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1305
Abstract View: 560, PDF Download: 409