Sosialisasi Konsumsi Produk Peternakan untuk Mencegah Stunting di Desa Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur

Abstract View: 113, PDF Download: 82

Authors

  • Rohmatul Anwar Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Diah Reni Asih Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Dwi Subakti Prastiyo Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Riris Ridha Anisa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2071

Keywords:

Training, Stunting, Livestock Products, Taman Fajar, Penyuluhan, Anak, Children, Produk Peternakan

Abstract

Tujuan dari Pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan informasi tentang bahaya stunting dan mengenalkan  produk peternakan dan hasil olahannya sebagai makanan yang dapat mencegah stunting pada anak. Pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023 dengan peserta ibu-ibu yang tergabung pada Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Taman Fajar dengan jumah peserta sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan penyuluhan berupa penyampaian informasi bahaya stunting dan produk peternakan dan hasil olahannya sebagai upaya pencegahan stunting  pada anak. Pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yang dilakukan yakni tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanan pengabdian  ini sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara umum ibu-ibu secara khusus. Hasil dari kegiatan ini yaitu dengan adanya pengabdian  peserta yang sebelumnya minim tingkat pengetahuan terkait stunting setelah dilakukan pengabdian peserta yang terlibat secara keseluruhan mendapatkan tambahan pengetahuan dan juga pemahaman terkait dengan stunting dan pencegahannya melalui konsumsi produk peternakan dan hasil olahannya. Pemahaman peserta yang rendah sebelum dilakukannya pengabdian , setelah penyuluhan peserta menjadi lebih paham tentang pentingnya mencegah terjadinya stunting mulai dari bayi hingga anak-anak. Oleh karena itu perlu dilakukan hal yang serupa pada berbagai lapisan masyarakat sebagai peserta pengabdian yang lebih luas

References

Aberle, D. E., Forrest, J. C., Gerrard, D. E., & Mills, E. W. (2001). Principles of MeatScience. Fourth Edition. W. H. Freeman and Company. San Fransisco, United States of America.

Aryastami N. K. (2017). Kajian Kebijakan dan Penanggulangan Masalah Gizi Stunting di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan. 45(4): 233–240.

Hardinsyah, P., & Supariasa, I. D. N. (2016). Ilmu Gizi: Teori Aplikasi. Jakarta: EGC.

Margawati, A., & Astuti, A. M. (2018). Pengetahuan ibu, pola makan dan status gizi pada anak stunting usia 1‒5 tahun di Kelurahan Bangetayu, Kecamatan Genuk, Semarang. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition). 6(2): 82–89.

Nurjanah, L. O. (2021). “Tanda Stunting.” Nuevos sistemas de comunicación e información: 2013–15.

Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 11(1): 225–229.

Ramadhani, N., Herlina, H., & Pratiwi, A. C. (2019). Perbandingan Kadar Protein Telur pada Telur Ayam dengan Metode Spektrofotometri Vis. Kartika : Jurnal Ilmiah Farmasi. 6(2): 53‒56.

Simorangkir, E. A., Pintauli, S., & Sudaryati, E. (2020). Relationship between Caries Experience and Food Intake with Stunting Among 6-8-Years Old of Elementary School at Pantai Labu District in 2018. Britain International of Exact Sciences (BIoEx) Journal, 2(1), Article 1.

Trihono, Atmarita, Tjandrarini, D. H., Irawati, A., Utami, N. H., Tejayanti, T., & Nurlinawati, I. (2015). Pendek (Stunting) Di Indonesia, Masalah dan Solusinya. Jakarta (ID): Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Wijaya, H., Prayanto, W., & Yudani, H. D. (2014). Perancangan Video Edukasi Tentang Manfaat Dan Kandungan Gizi Susu Sapi Segar Untuk Anak-Anak. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra. 1(4): 1‒12.

Yoris, L., Tiven, N. C., Pattisinay, S. V. (2016). Studi Tentang Pola Konsumsi Pangan Sumber Protein Hewani Asal Ternak Pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti. Jurnal Makila. IX: 108–115

Yuwanti, Y., Mulyaningrum, F. M., & Susanti, M. M. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Stunting Pada Balita Di Kabupaten Grobogan. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(1), 74.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Anwar, R., Asih, D. R., Prastiyo, D. S., & Anisa, R. R. (2023). Sosialisasi Konsumsi Produk Peternakan untuk Mencegah Stunting di Desa Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 93–98. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2071
Abstract View: 113, PDF Download: 82