Pendampingan Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 3 Slahung Ponorogo Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dan Pembacaan Sholawat Nariyah

Abstract View: 48, PDF Download: 58

Authors

  • Endah Setyowati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Alvina Nurcahyani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Dea Frescilia Ajeng Prastika Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Rosyida Salma Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2391

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Sholat Dhuha, Sholawat Nariyah, SMPN 3 Slahung, Spiritual Quotient, Dhuha Prayer, Nariyah Prayer

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai pendampingan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa SMPN 3 Slahung, Ponorogo. Upaya peningkatan kecerdasan spiritual ini dilakukan dengan membiasakan siswa untuk tertib melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah yang sebelumnya diawali dengan pembacaan Sholawat Nariyah. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMPN 3 Slahung ini menggunakan pendekatan Asset Based Community-driven Development (ABCD). Berdasarkan pendekatan ABCD ini, tim pengabdian masyarakat mengetahui bahwa terdapat potensi yang dapat dikembangkan di SMPN 3 Slahung pada bidang keagamaan. Para siswa SMPN 3 Slahung telah memiliki kebiasaan yang baik mengenai Sholat Dhuha, namun potensi tersebut harus terus dilakukan monitoring dan inovasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Inovasi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat yaitu dengan pembacaan Sholawat Nariyah sebelum pelaksanaan Sholat Dhuha berjamaah. Selain bertujuan meningkatkan kecerdasan spiritual juga dapat membentuk sikap dan perilaku siswa yang terbiasa gaduh dan bercanda sembari menunggu imam sholat datang. Hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan perubahan pada beberapa siswa, meskipun belum sempurna. Rutinitas kegiatan keagamaan ini harus terus mendapatkan pemantauan dari pihak sekolah, khususnya pengawasan dari para guru, agar dapat mengupayakan peningkatan kecerdasan spiritual siswa SMPN 3 Slahung.

References

Agnia, A. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9331-9335.

Akhirin. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual melalui Rukun Iman dan Rukun Islam. Jurnal Tarbawi, 1-31.

Ariadillah, R. (2021). “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa melalui Program Keberagamaan di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat Timur. Jurnal Tarbawi, 47.

Cahyono, H. (2016). Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qurani. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mustofa, B. (2011). Tuntunan Praktis Shalat Dhuha. Solo: Ziyad Visi Media.

Nisa, K. (2009). Upaya Peningkatan Kecerdasa Spiritual Siswa. Lentera Pendidikan, 73.

Qoni'ah, S. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Peserta Didik melalui Aktivitas Keagamaan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 159-175.

Rinawati, A., Arifah, U. & Faizul A. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 1-11.

Sadili, A. N. (2010). Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah. Jakarta: AMZAH.

Samsudin, A., Suhartini, A., & Ahmad, N. (2021). Implementasi Metode Uswah Hasanah pada Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Al Azhar Tembongraja Salem Brebes. Ta'dibuna, 337-351.

Setyowati, E., Nurfaidah, E., Lailatul, & Latifah, R. B. (2023). Peningkatan Kemampuan Santri TPQ Abdul Qadir Ponorogo melalui Pengenalan Tajwid dengan Metode Sorogan. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 97-106.

Suhaili, A. (2023). Penerapan dan Pembacaan Sholawat Nariyah 4444 di Dusun Mimbo Desa Sumberanyar Kecamatan Banyu Putih Kabupaten Situbondo. Khidmah: Jurmal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1-9.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Setyowati, E., Nurcahyani, A., Prastika, D. F. A., & Salma, R. (2023). Pendampingan Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 3 Slahung Ponorogo Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dan Pembacaan Sholawat Nariyah. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 111–117. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2391
Abstract View: 48, PDF Download: 58