Pelatihan Literasi Kritis Terhadap Informasi di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Sasa, Kota Ternate

Abstract View: 40, PDF Download: 39

Authors

  • Akmal Jaya Universitas Khairun
  • Ridwan Ridwan Universitas Khairun
  • Junaib Umar Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i3.3067

Keywords:

critical, literacy, information, literasi, informasi, kritis

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kritis terhadap informasi di kalangan siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum. Di era digital saat ini, siswa sering kali terpapar berbagai informasi dari internet dan media sosial yang tidak selalu dapat diandalkan. Oleh karena itu, kemampuan untuk secara kritis mengevaluasi dan menganalisis informasi menjadi keterampilan yang sangat penting. Proyek ini mencakup serangkaian lokakarya yang melibatkan ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi. Kurikulum yang disampaikan mencakup metode untuk mengidentifikasi misinformasi, mengevaluasi sumber informasi, dan menggunakan alat digital untuk memverifikasi kredibilitas informasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk menilai keakuratan dan keandalan informasi yang mereka temui. Metode evaluasi termasuk pre-test, post-test, dan observasi partisipatif. Siswa juga melaporkan peningkatan kesadaran akan pentingnya literasi kritis dan penerapan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, program pendidikan literasi kritis ini berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengelola informasi. Diharapkan program serupa dapat diimplementasikan secara luas untuk mempersiapkan generasi muda yang lebih tanggap dan bijaksana dalam menghadapi arus informasi di era digital.

References

APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. (2024). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 1991 ASHE-ERIC Higher Education Reports. ERIC Clearinghouse on Higher Education, The George Washington University, One Dupont Circle, Suite 630, Washington, DC 20036-1183 ($17. https://eric.ed.gov/?id=ED336049

Buckingham, D. (2013). Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. Polity Press. https://www.wiley.com/en-ie/Media+Education%3A+Literacy%2C+Learning+and+Contemporary+Culture-p-9780745659411

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC

Fajriansyah, A. (2024). Penyebaran Berita Hoaks Meningkat Selama Pemilu 2024. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/05/02/penyebaran-berita-hoaks-meningkat-selama-masa-pemilu-2024

Foucault, M. (1981). The Order of Discourse. In R. Young (Ed.), Untying the Text: A Post-Structuralist Reader. Routledge & Kegan Paul ltd.

Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed). Continuum. files/515/Freire - 2000 - Pedagogy of the oppressed.pdf

Girsang, A. P. L., Agustina, R., Nugroho, S. W., & Sulistyowati, N. P. (2023). Statistik Pendidikan 2023. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/24/54557f7c1bd32f187f3cdab5/statistik-pendidikan-2023.html

Golose, P. R. (2019). Strategi Penanganan Firehose of Falsehood pada Era Post-Truth (Kajian dalam rangka Menyukseskan Pemilu 2019). Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(1), 10. https://doi.org/10.35879/jik.v13i1.105

Hattie, J. (2010). Visible learning: a synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement (Reprinted). Routledge. files/531/Hattie - 2010 - Visible learning a synthesis of over 800 meta-ana.pdf

Indrasari, Y. (2024). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah

Inovator4.0 id. (2018). Ahmad M Firdaus (1) Pengenalan Firehose of Falsehood #inovator4id [Broadcast]. https://www.youtube.com/watch?v=fPbrJnyGFfM

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994). Learning Together and Alone. Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. Fourth Edition. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02194. files/538/eric.ed.gov.html

Nygren, T., & Guath, M. (2019). Swedish teenagers’ difficulties and abilities to determine digital news credibility. Nordicom Review, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.2478/NOR-2019-0002

Rahman, Y., & Atjalau, C. (2019). Pembudayaan Literasi Kritis. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 321–333. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2430

Rahmat, Y. (2023). InfoPublik - Sekda Ternate: Butuh Penguatan Literasi Lawan Hoaks. InfoPublik. https://www.infopublik.id/kategori/nusantara/757539/sekda-ternate-butuh-penguatan-literasi-lawan-hoaks

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2022). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685

Rohman, A., Negeri, I., & Kalijaga, S. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47. https://doi.org/10.30821/EUNOIA.V2I1.1318

Syamsul Bahri, A. (2022). Memproteksi Peserta Didik dari Bahaya Hoaks Dengan Literasi Kritis. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.56393/LENTERA.V2I2.435

Yin, R. K. (2017). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=6DwmDwAAQBAJ

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Jaya, A., Ridwan, R., & Umar, J. (2024). Pelatihan Literasi Kritis Terhadap Informasi di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Sasa, Kota Ternate. Journal of Research Applications in Community Service, 3(3), 53–62. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i3.3067
Abstract View: 40, PDF Download: 39