Analisis dan Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Penyampaian Informasi Publik di BBPOM Jakarta Tahun 2023
Abstract View: 23, PDF Download: 21DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3220Keywords:
Social media education, Public Engagement, instagram, Public Health, BPOM, Komunikasi media sosial, informasi publik, Kesehatan masyarakatAbstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan media sosial Instagram sebagai alat untuk penyampaian informasi publik oleh BBPOM di Jakarta pada tahun 2023. Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform penting untuk komunikasi dan diseminasi informasi. Dari total populasi 274,9 juta jiwa penduduk Indonesia, 170 juta merupakan pengguna aktif internet dan media sosial, menunjukkan potensi besar untuk memanfaatkan platform ini. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT untuk menilai efektivitas penggunaan Instagram dalam menyampaikan informasi terkait keamanan obat dan makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan edukasi publik, dengan jumlah konten, bentuk konten, jenis konten, jumlah like, comment, dan engagement yang dianalisis selama tahun 2023. Penelitian ini menyarankan peningkatan kompetensi SDM, pemanfaatan dukungan lintas sektor, dan peningkatan sarana prasarana untuk memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai media penyampaian informasi publik.
References
Alderwick, H., Hutchings, A., Briggs, A., & Mays, N. (2021). The impacts of collaboration between local health care and non-health care organizations and factors shaping how they work: a systematic review of reviews. BMC Public Health, 21(1), 753. https://doi.org/10.1186/s12889-021-10630-1
Basilotta-Gómez-Pablos, V., Matarranz, M., Casado-Aranda, L.-A., & Otto, A. (2022). Teachers’ digital competencies in higher education: a systematic literature review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 8. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00312-8
Dolan, R., Conduit, J., Frethey-Bentham, C., Fahy, J., & Goodman, S. (2019). Social media engagement behavior. European Journal of Marketing, 53(10), 2213–2243. https://doi.org/10.1108/EJM-03-2017-0182
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Rana, N. P., & Raman, R. (2023). Social Media Adoption, Usage And Impact In Business-To-Business (B2B) Context: A State-Of-The-Art Literature Review. Information Systems Frontiers, 25(3), 971–993. https://doi.org/10.1007/s10796-021-10106-y
Firdausi, A., Khomsan, A., & Rahman, P. H. (2022). Hubungan Penggunaan Instagram dengan Pengetahuan Gizi, Perilaku Makan, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Mahasiswa IPB. Jurnal Ilmu Gizi Dan Dietetik, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.25182/jigd.2022.1.1.16-24
Gelfand, M. J., & Harrington, J. R. (2015). The Motivational Force of Descriptive Norms: For Whom and When Are Descriptive Norms Most Predictive of Behavior? Journal of Cross-Cultural Psychology, 46(10), 1273–1278. https://doi.org/10.1177/0022022115600796
Ihsaniyati, H., Sarwoprasodjo, S., Muljono, P., & Gandasari, D. (2023). The Use of Social Media for Development Communication and Social Change: A Review. Sustainability, 15(3), 2283. https://doi.org/10.3390/su15032283
Jha, A. K., & Verma, N. K. (2024). Social Media Platforms and User Engagement: A Multi-Platform Study on One-way Firm Sustainability Communication. Information Systems Frontiers, 26(1), 177–194. https://doi.org/10.1007/s10796-023-10376-8
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Khan, M. L. (2017). Social media engagement: What motivates user participation and consumption on YouTube? Computers in Human Behavior, 66, 236–247. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.024
Martin, F., Chen, Y., Oyarzun, B., & Lee, M. (2022). Learning and development roles and competency domains in higher education: a content analysis of job announcements. Journal of Computing in Higher Education, 34(2), 297–320. https://doi.org/10.1007/s12528-021-09290-2
Maryam, S., Rahman, M. A., & Priliantini, A. (2019). Pengaruh Kampanye Imunisasi Measles Rubella Melalui Iklan Melalui Iklan Layanan Masyarakat Oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Terhadap Prilaku Masyarakat. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Pate, J. R., & Bosley, A. T. (2020). Understanding the Skills and Competencies Athletic Department Social Media Staff Seek in Sport Management Graduates. Sport Management Education Journal, 14(1), 48–51. https://doi.org/10.1123/smej.2019-0032
Petiwala, A., Lanford, D., Landers, G., & Minyard, K. (2021). Community voice in cross-sector alignment: concepts and strategies from a scoping review of the health collaboration literature. BMC Public Health, 21(1), 712. https://doi.org/10.1186/s12889-021-10741-9
Rains, S. A., & Brunner, S. R. (2018). The Outcomes of Broadcasting Self-Disclosure Using New Communication Technologies: Responses to Disclosure Vary Across One’s Social Network. Communication Research, 45(5), 659–687. https://doi.org/10.1177/0093650215598836
Schindler, L. A., Burkholder, G. J., Morad, O. A., & Marsh, C. (2017). Computer-based technology and student engagement: a critical review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 25. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0063-0
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Publishing Group,.
Wang, Z. (2021). Social media brand posts and customer engagement. Journal of Brand Management, 28(6), 685–699. https://doi.org/10.1057/s41262-021-00247-5
Weber, C., Haugh, H., Göbel, M., & Leonardy, H. (2022). Pathways to Lasting Cross-Sector Social Collaboration: A Configurational Study. Journal of Business Ethics, 177(3), 613–639. https://doi.org/10.1007/s10551-020-04714-y
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan