Pendampingan Ekstrakurikuler Melalui Program Takhasus Tarjumul Al Qur’an di SMAS Adabiah 2 Padang

Abstract View: 36, PDF Download: 18

Authors

  • Muhammad Barry Mahmudi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3487

Keywords:

Mentoring, Takhasus, Pendampingan, Tarjumul Al Qur’an

Abstract

Tujuan Pendampingan ini untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang keagamaan baik dalam bidang: Tahfizh, Tilawah, Pidato, Khutbah dan Azan yang dilaksanakan melalui Program Takhasus Tarjumul Al Qur’an. Program ini khusus bagi peserta didik SMAS Adabiah 2 Padang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada generasi muda Islam dari pengaruh negatif arus globalisasi. Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari tahap identifikasi peserta didik dari kelas X, XI dan XII, persiapan oleh guru PAI, guru Qur’an dan pimpinan sekolah, pelaksanaan program dengan memberikan bimbingan, pelatihan dan pengajaran yang sesuai minat dan bakat peserta didik serta evaluasi dan tindak lanjut program takhasus tarjumul Qur’an setiap akhir semester. Hasil dari pendampingan yaitu: a) peserta didik mampu mengembangkan diri sesuai bakat dan minat, b) peserta didik mampu menghafal qur’an dengan baik sesuai kaidah tajwid, c) peserta didik mampu melaghamkan bacaan qur’an sesuai nagham/irama dan sesuai kaidah, d) peserta didik mampu melantunkan azan dengan suara yang merdu dan sesuai kaidah, e) peserta didik mampu terlatih untuk berbicara dalam konteks qur’an di depan umum. Hasil pendampingan ini cukup terlaksana dengan baik, menjadikan minat dan bakat peserta didik meningkat serta pengetahuan yang mereka miliki tentang keagamaan bertambah.

References

Akromusyuhada, A. (2018). Seni dalam Perspektif Al Quran dan Hadist. Jurnal Tahdzibi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.1-6

Anwar, K. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71

Engel. (2014). Evaluasi Program Tahfidz Qur’an Di Sdit As-Shiddiq Serua Indah Tangerang Selatan Tesis. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.

Fahima Rifki Zahara, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2022). Pengelolaan Program Tahfiz Dalam Peningkatan Minat Hafal Qur’an Di Mi Miftahul Ulum Waringinsari Barat Lampung. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 269–291. https://doi.org/10.14421/mjsi.72.3027

Fasya, M. H. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM TAKHASSUS AL QUR’AN DALAM MEWUJUDKAN GENERASI QUR’ANI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Hartono, Y. (2021). Rekontruksi Penulisan Teks Al-Quran Modern. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 4(2), 232–243. https://doi.org/10.35132/albayan.v4i2.138

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81

Janah, Annisa Miftahul Fatimatul Asroriah, M. N. H. (2023). Implementasi Metode Ummi Dalam Proses Lingkungan Desa Karanganyar. Journal Al-Maun: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 7–12.

Kuntarto. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Seni Baca Al Quran Pada Santri Di Pesantren An Najah Purwokerto. Prosiding Seminar Dan Call for Papers "Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VI, 24–25.

Mutmainnah. (2018). Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Ar-Raniry, 4(1), 46–47. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/9612

Nidhom, K. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.3 No 2.

Qardhawiy, Y. (2000). Bagaimana Berintegrasi dengan Al Qur’an. Pustaka Al Kautsar.

Rosyidatul, I., Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 83–94. https://doi.org/10.54090/alulum.114

Shihab, M. Q. (2000). Wawasan Al Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan. Mizan.

Sukki, M., & Othman, B. (2022). ‫و‬ ‫القرآن‬ ‫إعجاز‬ ‫فهم‬ ‫الدعوة‬ ‫رسالة‬ ‫تعزيز‬. 2(1), 39–57. www.e-jurnal.yadim.com.my‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Sulastini, F. dan M. Z. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 4 No.

Yanggo, H. T. (2016). AL-QUR’AN SEBAGAI MUKJIZAT TERBESAR. Misykyat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah., 1(2), 1. https://doi.org/10.33511/misykat.v1n2.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Mahmudi, M. B., Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2024). Pendampingan Ekstrakurikuler Melalui Program Takhasus Tarjumul Al Qur’an di SMAS Adabiah 2 Padang . Journal of Research Applications in Community Service, 3(4), 91–99. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3487
Abstract View: 36, PDF Download: 18