Pendampingan Ekstrakurikuler Melalui Program Takhasus Tarjumul Al Qur’an di SMAS Adabiah 2 Padang
Abstract View: 36, PDF Download: 18DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i4.3487Keywords:
Mentoring, Takhasus, Pendampingan, Tarjumul Al Qur’anAbstract
Tujuan Pendampingan ini untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang keagamaan baik dalam bidang: Tahfizh, Tilawah, Pidato, Khutbah dan Azan yang dilaksanakan melalui Program Takhasus Tarjumul Al Qur’an. Program ini khusus bagi peserta didik SMAS Adabiah 2 Padang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada generasi muda Islam dari pengaruh negatif arus globalisasi. Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari tahap identifikasi peserta didik dari kelas X, XI dan XII, persiapan oleh guru PAI, guru Qur’an dan pimpinan sekolah, pelaksanaan program dengan memberikan bimbingan, pelatihan dan pengajaran yang sesuai minat dan bakat peserta didik serta evaluasi dan tindak lanjut program takhasus tarjumul Qur’an setiap akhir semester. Hasil dari pendampingan yaitu: a) peserta didik mampu mengembangkan diri sesuai bakat dan minat, b) peserta didik mampu menghafal qur’an dengan baik sesuai kaidah tajwid, c) peserta didik mampu melaghamkan bacaan qur’an sesuai nagham/irama dan sesuai kaidah, d) peserta didik mampu melantunkan azan dengan suara yang merdu dan sesuai kaidah, e) peserta didik mampu terlatih untuk berbicara dalam konteks qur’an di depan umum. Hasil pendampingan ini cukup terlaksana dengan baik, menjadikan minat dan bakat peserta didik meningkat serta pengetahuan yang mereka miliki tentang keagamaan bertambah.
References
Akromusyuhada, A. (2018). Seni dalam Perspektif Al Quran dan Hadist. Jurnal Tahdzibi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.1-6
Anwar, K. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 181–198. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71
Engel. (2014). Evaluasi Program Tahfidz Qur’an Di Sdit As-Shiddiq Serua Indah Tangerang Selatan Tesis. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
Fahima Rifki Zahara, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2022). Pengelolaan Program Tahfiz Dalam Peningkatan Minat Hafal Qur’an Di Mi Miftahul Ulum Waringinsari Barat Lampung. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 269–291. https://doi.org/10.14421/mjsi.72.3027
Fasya, M. H. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM TAKHASSUS AL QUR’AN DALAM MEWUJUDKAN GENERASI QUR’ANI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Hartono, Y. (2021). Rekontruksi Penulisan Teks Al-Quran Modern. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 4(2), 232–243. https://doi.org/10.35132/albayan.v4i2.138
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81
Janah, Annisa Miftahul Fatimatul Asroriah, M. N. H. (2023). Implementasi Metode Ummi Dalam Proses Lingkungan Desa Karanganyar. Journal Al-Maun: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 7–12.
Kuntarto. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Seni Baca Al Quran Pada Santri Di Pesantren An Najah Purwokerto. Prosiding Seminar Dan Call for Papers "Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VI, 24–25.
Mutmainnah. (2018). Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Ar-Raniry, 4(1), 46–47. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/9612
Nidhom, K. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.3 No 2.
Qardhawiy, Y. (2000). Bagaimana Berintegrasi dengan Al Qur’an. Pustaka Al Kautsar.
Rosyidatul, I., Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 83–94. https://doi.org/10.54090/alulum.114
Shihab, M. Q. (2000). Wawasan Al Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan. Mizan.
Sukki, M., & Othman, B. (2022). و القرآن إعجاز فهم الدعوة رسالة تعزيز. 2(1), 39–57. www.e-jurnal.yadim.com.my
Sulastini, F. dan M. Z. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 4 No.
Yanggo, H. T. (2016). AL-QUR’AN SEBAGAI MUKJIZAT TERBESAR. Misykyat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah., 1(2), 1. https://doi.org/10.33511/misykat.v1n2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan