Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Keperawatan Melalui Pelatihan Bahasa Jepang untuk Calon PMI dan Ners

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Nunuk Endah Srimulyani Universitas Airlangga
  • Nabila Vina Fairuzzahra Universitas Airlangga
  • Hafna Ilmy Muhalla Universitas Airlangga
  • Asya Herliana Pramesti Universitas Airlangga
  • Rifdah Rahmah Zakiyyah Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i1.4211

Keywords:

Bahasa Jepang, Keperawatan, Careworker, Ners, PMI, Nursing, Japanese

Abstract

Perubahan demografi di Jepang mengakibatkan kurangnya sumber daya manusia di banyak sektor, salah satunya keperawatan. Menanggapi permasalahan ini Jepang menjalin kerjasama dengan Indonesia melalui IJ-PEA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement) untuk mengirim tenaga perawat ke Jepang sejak tahun 2008. Kegiatan pengmas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan khusus kepada para calon PMI ners dan careworker untuk meningkatkan kompetensi bahasa sehingga mengurangi kesulitan mereka dalam berkomunikasi selama bekerja. Seminar dilakukan secara interaktif dengan sistem role-play sehingga memberikan wawasan mengenai budaya komunikasi Jepang. Meskipun sebelum kegiatan dilaksanakan banyak peserta mengalami kesulitan dalam belajar kana dan kanji, namun sebanyak 85,6% dari total 118 peserta mengungkapkan bahwa kegiatan seminar dan workshop memberikan kebermanfaatan bagi mereka. Ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran yang memenuhi kebutuhan peserta permasalahan language barrier dan gegar budaya dapat diminimalisir. Oleh karena itu penyelenggaraan kelas peningkatan keterampilan khusus seperti ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi para calon perawar yang hendak merintis karir di Jepang.

References

Aminah, S., Wardoyo, S., & Pangastoeti, S. (2018). Pengiriman Tenaga Perawat dan Careworker Indonesia ke Jepang dalam Kerangka Indonesia - Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA). Bakti Budaya, 1(1). https://doi.org/10.22146/bb.37933

Atmajaya, Y. T. (2021, October 22). Evaluasi Program Pelatihan untuk Peningkatan Kualitas Program Pelatihan. PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/154/evaluasi-program-pelatihan-untuk-peningkatan-kualitas-program-pelatihan

Garcia, M., Perez, L. D., & Hayashi, R. (2021). Accreditation of Online Courses in Higher Education—Early Adopters in the European Union, India, Indonesia, and Malaysia | Asian Development Bank. 196.

Herniwati, Risda, D., & Judiasri, M. D. (2020). Designing Daily Life Manner in Japan as an Effort to Understand the Japanese Culture. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.046

Japan, S. B. of. (2020). Statistical Handbook of Japan 2020. Statistics Bureau, Ministry of Internal Affairs and Communications.

Mustaqim, Aziz, A., & Hardiana, H. (2024). PENGARUH BEBAN KERJA, IKLIM KERJA, CULTURE SHOCK DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT INDONESIA DI SAKAI HEISEI HOSPITAL JEPANG. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 23(1).

Novitasari, R., Kuraesin, U., Ariestafuri, N., Rahardjo, H., & Tresnasari, N. (2024). PELATIHAN BAHASA JEPANG DASAR UNTUK MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN BENGKULU. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1289–1300.

Nugraha, S., & Ohara-Hirano, Y. (2016). The Mental Health Predictors of Indonesian EPA Nurses and Certified Care Worker Candidates in Japan. Japanese Psychological Research, 58(1). https://doi.org/10.1111/jpr.12100

Nunuk Endah Srimulyani, Putri Elsy, Ns. Hafna Ilmy Muhalla, & Rizki Hanindia Rasyid. (2022). PERSEPSI MAHASISWA STIKES NGUDIA HUSADA MADURA TERHADAP PEKERJAAN PERAWAT DI JEPANG. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2). https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.373-384

Rokom. (2019, May 23). Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Caregiver di Jepang. Kementrian Kesehatan.

Srimulyani, N. E., & Beatrice, L. F. Y. (2024). Culture Shock and Adaptation Strategies of Indonesian Migrant Workers in the Japanese Agriculture Field. The International Journal of Social Sustainability in Economic, Social, and Cultural Context , 20(2), 27–46.

Srimulyani, N. E., Elsy, P., Muhalla, H. I., & Banjarnahor, C. Y. T. (2023). MOTIVATION OF NURSING STUDENTS TO WORK IN JAPAN: A CASE STUDY OF STIKES NHM BANGKALAN MADURA. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 7(4). https://doi.org/10.20473/jlm.v7i4.2023.543-556

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. In CV Andi Offset.

Supriatnaningsih, R., Nurjaleka, L., Nurhayati, S., Anggraeni, Puspitosari, D., & Nugroho, Y. (2024). Kesantunan Verbal dan Non-Verbal dalam Etika Bisnis Budaya Jepang kepada Para Staff PT PRPP Jawa Tengah untuk Meningkatkan Hospitality dan Servis Excellence. Varia Humanika, 5(2). https://doi.org/10.15294/vh.v5i2.10975

Susanto, A. A., Solehudin, & Lannasari. (2023). Hubungan Antara Penguasaan Bahasa Jepang Dengan Tingkat Stres Kerja Perawat. Jurnal Ilmiah Amanah Akademika (JIHAD), 6(2).

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Srimulyani, N. E., Fairuzzahra , N. V., Muhalla, H. I., Pramesti, A. H., & Zakiyyah, R. R. (2025). Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Keperawatan Melalui Pelatihan Bahasa Jepang untuk Calon PMI dan Ners. Journal of Research Applications in Community Service, 4(1), 27–36. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i1.4211
Abstract View: 0, PDF Download: 0