Pelatihan Branding, Labelling dan Digital Marketing pada UMKM Keripik Pisang Lumer di Desa Kendung, Kecamatan Padangan, Bojonegoro


DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i3.4388Keywords:
Banana Chips, MSMEs, Training, Mentoring, Keripik Pisang, UMKM, Pelatihan, PendampinganAbstract
Di Desa Kendung, Kec Padangan terdapat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik pisang. Yang mana usaha tersebut masih dikelola secara tradisional dan sederhana. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM kerpik pisang lumer adalah, mengalami kesulitan dalam memperluas jangkauan dagangannya, saat ini hanya mencakup pelanggan di Kecamatan Padangan dan kecamatan sekitar Padangan saja. Oleh karena itu, diperlukan edukasi dan sosialisasi mengenai sistem penjualan yang lebih luas. Sistem penjualan ini bisa diterapkan melalui digital marketing atau penjualan secara online. PKM ini, bertujuan untuk mengedukasi UMKM keripik pisang lumer mengenai pelatihan pembuatan variasi produk, digital marketing, labelling, dan pengemasan produk, sehingga produk tersebut memiliki nilai jual yang tinggi dan memperluas jangkauan penjualan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei lapangan, koordinasi dengan masyarakat, serta pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan. Hasil dan implikasi dari program ini, yaitu menunjukkan UMKM dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan keripik pisang lumer yang enak dan renyah, serta variasi produk yaitu dengan penambahan rasa, rasa tiramisu, strawberry, matcha dan coklat. Pengemasan secara menarik, pembuatan label dan logo serta pelatihan digital marketing sehingga produk keripik pisang memiliki nilai jual yang tinggi, serta membuka peluang untuk menjadikannya sebagai bisnis kampung sentra keripik pisang lumer di Kecamatan Padangan.
References
Suryanto, Dardi. 2021. “Digital Marketing, Msme Product Marketing Innovation.” International Journal of Educational Research & Social Sciences 2(6):1308–15. doi: 10.51601/ijersc.v2i6.233.Harini, C., &. Handayani. 2019. “Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM.” Jurnal Manajemen 13(2),:22-26.
KIROM, Novita Rifaul, Sudarmatin SUDARMIATIN, and Agus HERMAWAN. 2022. “E-Commerce Strategy for MSME Innovation Development in the New Normal Era.” International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science 3(1):169–78. doi: 10.38142/ijesss.v3i1.125.
Muhammad Afridhal. 2017. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI TANJONG DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN.” Jurnal S. Pertanian 1 (3):223–33.
Saifuddin, M. n.d. “E-Marketing Dalam Pandangan Bisnis.” Jurnal Bisnis Teknologi, 1(1),:47-52.
Sakina, S., & Tangkesalu, D. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada Industri ‘Flamboyan’ Di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu.” . . AGROTEKBIS: JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal) 6(3),:371–78.
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Wardani, Surti, Arsid Arsid, and Arif Siaha Widodo. 2023. “Optimasi Social Media Marketing Untuk Pengembangan Produk Lokal Di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.” DEDIKASI PKM 4(1):19. doi: 10.32493/dedikasipkm.v4i1.27455.
Muhammad Afridhal. 2017. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI TANJONG DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN.” Jurnal S. Pertanian 1 (3):223–33.
Harini, C., &. Handayani. 2019. “Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM.” Jurnal Manajemen 13(2),:22-26
Saifuddin, M. n.d. “E-Marketing Dalam Pandangan Bisnis.” Jurnal Bisnis Teknologi, 1(1),:47-52.
Harini, C. and Rohman, A. 2020. “Iptek Bagi Masyarakat Dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4(3),:701–706.
Made Bagus Lawa Pradnyanthya Wartika, I. et al. (2023) ‘PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL KHUSUSNYA MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DI ERA PANDEMI’, Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(2), pp. 285–292.
Aziz, F. et al. (2022) ‘Pemberdayaan Komunitas UMKM Gayatri Mahardika Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital dan E-Commerce di Era New Normal’, Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), pp. 707–714. Available at: https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.394
Wuryandani, D. and Meilani, H. (2013) ‘Peranan Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), pp. 103–115.
Azara, R. (2020) Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri, Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. Available at: https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-48-3.
Purnavita S, Sriyana HY, Widiastuti T. Kemasan menarik dan internet marketing untuk meningkatkan nilai jual emping Garut sebagai produk unggulan Kabupaten Sragen. E-DIMAS J Pengabdi Kpd Masy. 2018;9(1):88–97.
Puspitasari RHU. Analisis pengaruh keputusan pembelian pada kosmetik berlabel halal. Bus Manag Anal J. 2019;2(1):68–77
Riono SB, Nurizki M, Dumadi D, Syaifulloh M, Sucipto H. Pengaruh Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada Pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. J Ilm Ecobuss. 2023;11(1):1–8.
Sarif R. Peran UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Maliki Interdiscip J. 2023;1(1):68–73.
Saefullah E, Rohaeni N, Tabroni T. Manajemen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2022;
Sucihati RN, Suprianto S, Sutanty M, Haryadi W, Ismawati I. Penyuluhan Dan Pelatihan Labeling, Packaging Dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kabupaten Sumbawa. J Pengemb Masy Lokal. 2021;4(2):277–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Research Applications in Community Service

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan

