Pendampingan Desain Infografis dengan Statistika dan Sains Data Bagi Siswa/Siswi MAN 1 Kota Samarinda


DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i3.5158Keywords:
Infographics, Visualization, Data, Community Service, Infografis, Visual, Data , Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan desain infografis yang mengintegrasikan ilmu statistika dan sains data serta meingkatkan literasi data bagi siswa dan siswi MAN 1 Kota Samarinda. Dalam era digital yang ditandai dengan kemudahan akses informasi, masih terdapat kekurangan pemahaman di kalangan siswa mengenai pemanfaatan teknologi, khususnya dalam desain infografis berbasis statistika dan sains data. Infografis merupakan alat yang efektif untuk menyajikan informasi secara visual yang membantu mempercepat pemahaman data kompleks menjadi lebih mudah dipahami. Aplikasi Canva dipilih sebagai platform dalam pendampingan ini karena kemudahan penggunaannya, yang memungkinkan siswa untuk berkreasi secara mandiri. Berdasarkan hasil tes awal, siswa belum memanfaatkan dengan optimal pengembangan ilmu data sains dalam pembuatan desain infografis. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta agar mereka dapat menggunakan teknologi visual dalam mengelola dan menyampaikan informasi berbasis data dengan lebih efektif dan inovatif. Melalui metode pengabdian ini, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan desain infografis serta pemanfaatan sains data literasi siswa yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, terutama dalam pengolahan dan penyajian data statistik.
References
Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 1–103. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/
Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2016). Getting Graphic About Infographics: Design Lessons Learned from Popular Infographics. Journal of Visual Literacy, 35(1), 42–59. https://doi.org/10.1080/1051144X.2016.1205832
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(4), 108–113. https://www.canva.com.
Mansur, H., & Rafludin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Masluhah, Afifah, K. R., & Hafid, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.17977/um022v7i12022p11
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Saputri, K. W., & Jumino. (2023). Efektivitas Infografis Sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @literatif.id. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 12(1), 64–76.
Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Wijanto, M. C., & Edi, D. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.24071/altruis.2019.020108
Smiciklas, Mark. (2012). The Power of Infographics: using pictures to communicate and connect with your audiences. Indiana: QUE publishing.
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(6), 247–257.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Research Applications in Community Service

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan

