Pendampingan Desain Infografis dengan Statistika dan Sains Data Bagi Siswa/Siswi MAN 1 Kota Samarinda

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Muhammad Fathurahman Universitas Mulawarman
  • Andrea Tri Rian Dani Universitas Mulawarman
  • Meirinda Fauziyah Universitas Mulawarman
  • Darnah Universitas Mulawarman
  • Rito Goenjatoro Universitas Mulawarman
  • Memi Nor Hayati Universitas Mulawarman
  • Surya Prangga Universitas Mulawarman
  • Meiliyani Siringoringo Universitas Mulawarman
  • Chiko Zet Oroh Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i3.5158

Keywords:

Infographics, Visualization, Data, Community Service, Infografis, Visual, Data , Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan desain infografis yang mengintegrasikan ilmu statistika dan sains data serta meingkatkan literasi data bagi siswa dan siswi MAN 1 Kota Samarinda. Dalam era digital yang ditandai dengan kemudahan akses informasi, masih terdapat kekurangan pemahaman di kalangan siswa mengenai pemanfaatan teknologi, khususnya dalam desain infografis berbasis statistika dan sains data. Infografis merupakan alat yang efektif untuk menyajikan informasi secara visual yang membantu mempercepat pemahaman data kompleks menjadi lebih mudah dipahami. Aplikasi Canva dipilih sebagai platform dalam pendampingan ini karena kemudahan penggunaannya, yang memungkinkan siswa untuk berkreasi secara mandiri. Berdasarkan hasil tes awal, siswa belum memanfaatkan dengan optimal pengembangan ilmu data sains dalam pembuatan desain infografis. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta agar mereka dapat menggunakan teknologi visual dalam mengelola dan menyampaikan informasi berbasis data dengan lebih efektif dan inovatif. Melalui metode pengabdian ini, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan desain infografis serta pemanfaatan sains data literasi siswa yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, terutama dalam pengolahan dan penyajian data statistik.

References

Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 1–103. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/

Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2016). Getting Graphic About Infographics: Design Lessons Learned from Popular Infographics. Journal of Visual Literacy, 35(1), 42–59. https://doi.org/10.1080/1051144X.2016.1205832

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(4), 108–113. https://www.canva.com.

Mansur, H., & Rafludin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Masluhah, Afifah, K. R., & Hafid, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.17977/um022v7i12022p11

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Saputri, K. W., & Jumino. (2023). Efektivitas Infografis Sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @literatif.id. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 12(1), 64–76.

Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Wijanto, M. C., & Edi, D. (2019). Peran Infografis Sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.24071/altruis.2019.020108

Smiciklas, Mark. (2012). The Power of Infographics: using pictures to communicate and connect with your audiences. Indiana: QUE publishing.

Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(6), 247–257.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Muhammad Fathurahman, Dani, A. T. R., Fauziyah, M., Darnah, Goenjatoro, R., Hayati, M. N., Prangga, S., Siringoringo, M., & Oroh, C. Z. (2025). Pendampingan Desain Infografis dengan Statistika dan Sains Data Bagi Siswa/Siswi MAN 1 Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 4(3), 109–118. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i3.5158
Abstract View: 0, PDF Download: 0

Most read articles by the same author(s)