PENGARUH METODE TEMATIK GLOBAL BELAJAR TARJAMAH AL-QUR’AN TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA BETON MEGALE KEC. KEDUNGADEM KAB. BOJONEGORO

Abstract View: 37, PDF Download: 36 PDF Download: 0

Authors

  • M Masjkur INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.32665/attuhfah.v8i1.897

Keywords:

Metode Tematik, Santri, Diniyah, Tarjamah

Abstract

“Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Metode Tematik Global Terhadap Pemahaman Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda Dusun Beton Desa Megale Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegaro”.  Adapun masalah yang menjadi fokus penelitian adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan metode Tematik Global belajar Tarjamah Al-Qur’an  pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda  di  Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. (2) Bagaimana pemahaman Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale  Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. ( 3) Sejauh mana  pengaruh metode tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah  Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem  Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan : (1)  Penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tematik  Global belajar tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di  Dusun Beton, Desa Megale Kecamatan Kedungadem  Bojonegoro. (2) Penulis ingin mengetahui bagaimana pemahaman Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem  Bojonegoro. (3) Penulis ingin mengetahui sejauhmana pengaruh metode tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda  di  Desa Megale Kecamatan Kedungadem  Bojonegoro. Dalam penelitian ini diperlukan data-data yang akurat dan valid. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi langsung, metode dokumentasi dan metode angket. Penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien korelasi sesudah test antara diberi metode tematik global terhadap pemahaman Al-Qur’an adalah koefisien korelasi pearson > r tabel (0,416 > 0,388),  maka dapat diambil kesimpulan yaitu  korelasinya signifikan.”

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Masjkur, M. (2019). PENGARUH METODE TEMATIK GLOBAL BELAJAR TARJAMAH AL-QUR’AN TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA BETON MEGALE KEC. KEDUNGADEM KAB. BOJONEGORO. At-Tuhfah, 8(1), 57–68. https://doi.org/10.32665/attuhfah.v8i1.897
Abstract View: 37, PDF Download: 36 PDF Download: 0