Hubungan Kepatuhan Dan Pengetahuan Pengobatan Nsaid Dengan Keberhasilan Pengobatan Pada Penderita Osteoathritis Di Desa Wadang Ngasem Kabupaten Bojonegoro

Abstract View: 139, PDF Download: 295

Authors

  • Suci Khonita Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Osteoathritis, Kepatuhan, Keberhasilan

Abstract

Osteoathritis merupakan merupakan suatu penyakit degenerative pada persendian yang disebabkan adanya deteorisasi dan abrasi pada rawan sendi dan pembentukan tulang baru padapermukaan persendian. penyakit ini menyerang bagian pergelangan kaki, vertebra, panggul dan lutut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan yang ditinjaui dari tepat obat, tepat dosis, tepat waktu, tepat pasien, tepat cara, dan tepat pendokumentasian dan keberhasilan yang ditinjau dari ringan,
sedang, dan berat pada penderita osteoarthritis di Desa Wadang Ngasem Kab.Bojonegoro Tahun 2021. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penderita Patuh 56,7%, Cukup Patuh 30%, Tidak Patuh 13,3%. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata Hubungan Kepatuhan dan Keberhasilan Pengobatan NSAID di Desa Wadang Kec.Ngasem Kab.Bojonegoro mengalami inflamasi ringan berjumlah 56,7%.

 

References

Alfarisi, Ringgo. 2018. Perbedaan Intensitas Nyeri Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Pasien Osteoathritis Di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Lampung: Fakultas Kesehatan Universitas Malahayati.

Irza, Muhammad, Rizky. 2016. Hubungan Derajat Nyeri Dengan Derajat Kelainan Radiologik Pada Lutut Pasien Osteoathritis Di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.

Padila Dalam Rizki Maryanti. 2017. Hubungan Kepatuhan Minum Obat Terhadap Peningkatan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jombang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.

Safitri, Shifa, dkk. 2019. Hubungan Pemilihan Obat dan Keberhasilan Terapi Pasien Rheumatoid Arthritis. Bandung: Universitas Jenderal Achmad Yani. Cimahi Indonesia Ismunandar, helmi, dkk. 2019. Peningkatan Pengetahuan Mengenai Osteoathritis Lutut Pada Masyarakat Desa Branti Raya Lampung Selatan. Lampung: Fakultas Kedokteran

Universitas Lampung

Lovel and Ernst. 2017. Penggunaan NSAID (Non Steroid Anti Inflamation Drugs) Menginduksi Peningkatan Tekanan Darah Pada Pasien Athritis.Jl.Raya Sumedang. Bandung: Universitas Padjajaran.

Redaksi Halodoc. 2021. https://www.halodoc.com/artikel/mengapa-perempuan lebih-berisiko- terkena-osteoartritis. Diakses tanggal 25 mei 2021

Rindang Cahyani Abas. 2018. https://www.slideshare.net/BubiezthIeCha/osteoarthritis-dan- artritis-gout diakses 5 Maret 2021.

Kuntarti.2005.Tingkat Penerapan Prinsip Enam Tepat Dalam Pemberian Obat Oleh Perawat Di Ruang Rawat Inap.Jurnal Keperawatan Indonesia,Volume 9, No 1.

Dr. Merry Dame Cristy Pane. 2021. https://www.alodokter.com/osteoarthritis Diakses tanggal 25 juli 2021

Padila Dalam Rizki Maryanti. 2017. Hubungan Kepatuhan Minum Obat Terhadap Peningkatan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jombang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.

Isngadi, Indah, Putri, Siti Nadhira. 2018. Evaluasi Penggunaan Obat NSAID Pada Pasien Osteoathritis Rawat Jalan Di RS TNI AD Robert Wolter Mongisidi Manado. Malang:

Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rachmawati, Ema, dkk. 2018. Studi Penggunaan Obat Pada Pasien Osteoathritis Usia Lanjut Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. H. Koesnadi Bondowoso Tahun 2013. Jember: Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Zahara, fitri. dkk. 2019. Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Osteoathritis Di Instalasi Rawat Jalan RSUD DR. M. Ashari Pemalang Periode Maret-April 2018. Semarang: Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Farmasi Semarang.

Anggelina, Nadia, dkk. 2018. Gambaran Penggunaan Obat Dan Kualitas Hidup Pasien Osteoathritis Di Instalasi Rawat Jalan RSUD Sultan Syarif Muhammad Alkadrie Pontianak. Kota Pontianak Kalimantan Barat: Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pratama. 2019. Intervensi Fisioterapi Pada Kasus Osteoathritis Genu Di RSPAD Gatot Subroto. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume 1 No 2 Januari-Juni 2019.

Fernanda, Yogi. 2018. Hubungan Faktor-Faktor Penyebab Osteoathritis Terhadap Nyeri Pada Lansia Dengan Osteoathritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Malalak Kecamatan Malalak Kabupaten Agam Tahun 2018. Padang: STIKES Perintis Padang.

Downloads

Published

28.06.2023

How to Cite

Khonita, S. (2023). Hubungan Kepatuhan Dan Pengetahuan Pengobatan Nsaid Dengan Keberhasilan Pengobatan Pada Penderita Osteoathritis Di Desa Wadang Ngasem Kabupaten Bojonegoro. FASKES : Jurnal Farmasi, Kesehatan, Dan Sains, 1(1), 1–7. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/faskes/article/view/1837
Abstract View: 139, PDF Download: 295