EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD SAYANG CIANJUR PERIODE APRIL SAMPAI MEI 2023
Abstract View: 259, PDF Download: 165Keywords:
Waktu Tunggu, Resep Obat Jadi, Resep Obat RacikanAbstract
Waktu tunggu merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kefarmasian yang merupakan masa tenggang antara waktu pasien menyerahkan resep sampai dengan pasien menerima obat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu tunggu pada pasien rawat jalan terhadap pelayanan resep obat jadi dan obat racikan dan juga jenis obat dan golongan obat terbanyak di resepkan di RSUD Sayang Cianjur periode April sampai Mei 2023. Menurut Kepmenkes RI No. 129 tahun 2008 tentang standar pelayanan minimal (SPM) dari farmasi dalam hal waktu tunggu pelayanan untuk jenis resep obat jadi adalah <30 menit dan untuk resep racikan adalah <60 menit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang di lakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif dengan mengamati waktu tunggu pelayanan resep obat jadi dan obat racikan pada pasien rawat jalan. Data dianalisis menggunakan analisis univariant dengan menghitung rata- rata waktu tunggu dan di kelompokan sesuai dengan SPM (standar pelayanan minimal) Rumah sakit. Sampel yang diambil dari SIM RS yaitu resep obat jadi sebanyak 320 resep dan resep racikan sebanyak 113 resep. hasil Penelitian menunjukan menunjukan waktu tunggu pelayanan obat jadi yaitu rata-rata 24 menit dengan presentase 78% dan pelayanan obat racikan yaitu rata-rata 36 menit dengan presentase sebanyak 94%.dengan demikian resep obat jadi dan obat racikan di RSUD Sayang Cianjur telah sesuai standar Kepmenkes RI No. 129 tahun. Resep obat jadi terbanyak yaitu Risperidon Tablet 2 mg yang merupakan obat golongan antipsikosis. Resep obat racikan terbanyak yaitu Desoksimetason krim.
Kata Kunci : Waktu Tunggu, Resep Obat Jadi, Resep Obat Racikan, Kepmenkes RI No. 129 tahun 2008
References
Depkes, 2008, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008, Standar Pelayanan Minimal
Depkes, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2016, Tentang Pelayanan Rawat Jalan
Depkes, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016, Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit
Elsa, Ari, Okta. (2021). Evaluasi Layanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi: Waktu Tunggu Dan Kendala. Jurnal of vocational program university of Indonesia Volume 9 Nomor 2, Juli – Desember 2021
Esron, Widia dan Nauri. (2020). Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Rumah Sakit Advet Kota Manado. PHARMACON– PROGRAM STUDI FARMASI, FMIPA, UNIVERSITAS SAMRATULANGI, Volume 9 Nomor 2 Mei 2020
Kurniawati Fajrin, Haeruddin, Reza Aril Ahri. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien Di Rsud Kota Makassar Tahun 2020. Window of Public Health Journal, Vol. 2 No. 5 (Oktober, 2021) : 827-835
Nurjanah, I., F.R.R. Maramis, dan S. Engkeng. (2016). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma BLU Prof. DR. R.D. Jurnal Farmasi. 5(1): 362-370.
Sari, Aripin, Rahman. (2021). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Suspenti Dewi, Rizanda Machmud, Yuniar Lestari. (2019). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019; 8(4)
UU, 2009, Undang –Undang Nomor 44 Tahun 2009, Tentang Rumah Sakit
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 FASKES : Jurnal Farmasi, Kesehatan, dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.