IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DENGAN MEMBERI IDENTITY CARD DI KELOMPOK A

Abstract View: 142, pdf Download: 318

Authors

  • Ahmad Farid Utsman UNU Sunan Giri
  • Umi Hanifah UNU Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.234

Keywords:

Character education;, Discipline;, Identity card

Abstract

This study aims to determine the Discipline Character Education Learning. This research is a qualitative descriptive study. Located at RA Islamiyah Bulaklo. Data were collected by observation, interviews, and documentation. The data that has been collected is checked for validity by source triangulation and technical triangulation. Analyzed with interactive analysis techniques, namely data collection, data reduction, data presentation, and verification or conclusions. Research informants are the head of the foundation, principal, teachers, and guardians of students. The results showed that by giving Id Cards, students could line up neatly, put shoes and bags in their place according to the order on the Identity card which made students more disciplined and patiently waiting for their turn. From this study, it can be concluded that in the implementation of character education for early childhood (4-5 years) at RA Islamiyah Bulaklo in implementing character education using habituation activities starting from the child entering the gate until going home from school. For habituation activities such as marching, praying, memorizing Asmaul Husna, washing hands, and so on, by giving understanding to children, always be patient waiting for their turn according to the number on the Identity Card.

References

Abdul Majid, 2011, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya , Bandung

Abdullah, Ridwan Sani dan Muhammad Kadri, 2016, Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Yang Islami, PT Bumi Aksara, Jakarta

Ali Nugraha dan Yeni Rahmawati, 2012, Metode Pengembangan Sosial Emosional, Universitas terbuka, Tanggerang Selatan

Arifin, Zainal. 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan, Lentera Cendikia Surabaya

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press Jogjakarta

Aulia,Choirun Nisak, 2013, Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia, Bandung

Dahlan, Zaini. Qur’an Karim dan termahan artinya. UII Press Yogyakarta

Departemen Pendidikan Nasional. kamus Besar Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2006 Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional,: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2014, Peraturan Menteri pendidikan Nasional no 137 Tahun 2014 tentang Sistem Pendidikan Nasional Biro Hukum dan Organisasi

Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Fatmawati,Wiwik. 2014. ”Peran guru dalam penanaman akhlakul karimah pada anak usia dini”, (skripsi fakultas tarbiyah, Institut agama Islam sunan giri bojonegoro).

Hamid,Hamdani MA dan Drs. Beni Ahmad Saebani, 2013. M.Si, Pendidikan Karakter perspektif islam, CV Pustaka Setia Bandung

Kesuma, Dharma. 2012, Pendidikan Karakter: kajian teori dan praktis di sekolah. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Koesuma, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo. Jakarta

Lestiono, Riski. 2018 Pembelajaran Interkultural berbasis pendidikan karakter. Universitas Muhammadiyah Malang

Mahbubi, M.2012. Pendidikan Karakter: Implmentasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Pustaka Ilmu Yogyakarta

Mansur, 2011, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Pustaka Belajar

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Amzah. Jakarta

Moleong,Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, PT Rineka Cipta. Jakarta

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Prastowo, dkk. 2014. pedoman penulisan skripsi, UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta Remaja Rosdakarya. Bandung

Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan menerapan disiplin pada anak prasekolah: pola asuhan masa kini. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Saleh, Muwafik. 2012. Membangun Karakter Dengan Hati Nurani. Erlangga Jakarta

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta , Bandung

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. indeks Jakarta.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan karakter usia dini: strategi membangun karakter di usia emas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Hasil wawancara dengan Bapak Drs. Moh. Khozin, ketua yayassan Al- Ma’ruf, 20 Juni 2019.

Hasil wawancara dengan Ibu Lilik Mahfudhoh, S.Pd.I, Kepala Sekolah RA Islamiyah Bulaklo, 21 Juni 2019

Hasil wawancara dengan Ibu Ninik Rohmawati, S.Pd, Dewan Guru RA Islamiyah Bulaklo,, 22 Juni 2019.

Hasil wawancara dengan Ibu Siti Nur Faizah, S. Pd. Dewan Guru RA Islamiyah Bulaklo, 22 Juni 2019

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media.Yogyakarta

Yaumi, Muhammad . 2014.Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar dan Implementasi, Prenadamedia Group Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Utsman , A. F. ., & Hanifah , U. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DENGAN MEMBERI IDENTITY CARD DI KELOMPOK A . Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 54–65. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.234

Issue

Section

Articles
Abstract View: 142, pdf Download: 318