Klinik Pelatihan Peningkatan Literasi Siswa Berbasis Digital dan Permainan di SD Negeri Sumbang 1 Kecamatan Sumbang
Abstract View: 108, PDF Download: 52DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i2.2818Keywords:
literasi, klinik literasi, permaian, pengabdian kepada masyarakat, literacy, literacy clinic, games, community serviceAbstract
Kemampuan literasi merupakan keterampilan dan kemampuan fundamental yang mesti dikuasai oleh siswa karena kemampuan ini sangat berguna dalam mengambil keputusan dan tindakan terhadap informasi yang telah mereka baca dan analisis. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Indonesia National Assessment tahun 2016,pelajar di Indonesia memiliki 46,83% siswa yang memiliki kemampuan kurang dalam kememapuan literasi dan hanya 47,11% siswa yang memiliki kemampuan literasi yang cukup. Berdasarkan hasil survey tersebut, angka kemampuan literasi pelajar di Indoensia masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, melaui kegiatan Program Kampus Mengajar angkatan 6, klinik literasi berbasis digital dan permainan dilaksanakan sebagai upaya untuk optimaliasiasi dan peningkatan kemampuan literasi siswa di SDN Sumbang 1. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini ialah untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memiliki kebiasaan membaca, dan menerapkannya dalam kehidupan mereka. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk klinik literasi dan permainan. Bentuk kegiatan klinik literasi yang dilakukan ialah pembiasaan membaca 15 menit, menonton film pendek dan menuliskan dan menceritakan hasil yang di tonton dan bermain ular tangga edukatif. Berdasarkan kegiatan tersebut, Klinik literasi berbasis digital dan permainan dapat membantu siswa di SDN Sumbang 1 bisa lebih memahami literasi dan lebih bisa melakukan kegiatan literasi secara mandiri dengan membaca buku, menonton film dan bermain sambil belajar.
References
Angguni Yasmin, Rahmi Murniyati, Resti Andini Dwi Hendriatmi, Syahira Nabila, & Febrina Dafit. (2023). Program Literasi di SDN 112 Pekanbaru, SDN 161 Pekanbaru, SDN 018 Kubang Raya dan SDN 028 Rimbo Panjang. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 786–795. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i4.2117
B, F., Luma, M., Kamarudin, K., Irwan, I., & Akbar, A. (2023). Penguatan Pemahaman Budaya dan Kearifan Lokal Melalui Program Literasi Budaya. Jurnal Abdidas, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i1.744
Dewayani, S. R. N. (2022). Panduan Penggunaan Modul. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–44.
Eko Priyantini, L. D., & Yusuf, A. (2020). The Influence of Literacy and Read Aloud Activities on the Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal of Primary Education, 9(3), 295–302. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39216
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Koralek, D., & Koralek, D. (1998). Reading Aloud with Children of All Ages. Review of Educational Research, 1–6.
Nasution, A. (2022). Gerakan Literasi Berbasis Local Wisdom Melalui Buku Budaya Mandailing untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 31. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1317
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Permatasari, I., Putra, A. M. D., Khanif, A., Anggoro, P. W., Kustiyarto, R. A., Rizqullah, M. A. F., Wibianingrum, C. K., Weroh, M. V. C., Damayanti, F., & Marhaeni, N. H. (2023). Optimalisasi Klinik Literasi Guyub Rukun di Desa Argosari Melalui Kegiatan BSB (Bermain Sambil Belajar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1634–1641. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.397
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.
Silalahi, M., Pasaribu, R., Andre, J., & ... (2023). Klinik Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berbasis Teknologi dan Permainan di SD Swasta Luis Betlehem Kecamatan STM Hilir. … Bidang Sains Dan …, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i2.1739
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825
Wiedarti, D. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Edisi 2). In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2). https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan