Klinik Pelatihan Peningkatan Literasi Siswa Berbasis Digital dan Permainan di SD Negeri Sumbang 1 Kecamatan Sumbang

Abstract View: 2, PDF Download: 2

Authors

  • Iin Widya Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Gilang Ardiana Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Lana Fauzia Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Yesinta Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Nadilla Wahyu Apriliani Universitas Negeri Surabaya
  • Ulfiana Dhatullia Narita IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ahmad Tauchid Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i2.2818

Keywords:

literasi, klinik literasi, permaian, pengabdian kepada masyarakat, literacy, literacy clinic, games, community service

Abstract

Kemampuan literasi merupakan keterampilan dan kemampuan fundamental yang mesti dikuasai oleh siswa karena kemampuan ini sangat berguna dalam mengambil keputusan dan tindakan terhadap informasi yang telah mereka baca dan analisis. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Indonesia National Assessment tahun 2016,pelajar di Indonesia memiliki 46,83% siswa yang memiliki kemampuan kurang dalam kememapuan literasi dan hanya 47,11% siswa yang memiliki kemampuan literasi yang cukup. Berdasarkan hasil survey tersebut, angka kemampuan literasi pelajar di Indoensia masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, melaui kegiatan Program Kampus Mengajar angkatan 6, klinik literasi berbasis digital dan permainan dilaksanakan sebagai upaya untuk optimaliasiasi dan peningkatan kemampuan literasi siswa di SDN Sumbang 1. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini ialah  untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memiliki kebiasaan membaca, dan menerapkannya dalam kehidupan mereka. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk klinik literasi dan permainan. Bentuk kegiatan klinik literasi yang dilakukan ialah pembiasaan membaca 15 menit, menonton film pendek dan menuliskan dan menceritakan hasil yang di tonton dan bermain ular tangga edukatif. Berdasarkan kegiatan tersebut, Klinik literasi berbasis digital dan permainan dapat membantu  siswa di SDN Sumbang 1 bisa lebih memahami literasi dan lebih bisa melakukan kegiatan literasi secara mandiri dengan membaca buku, menonton film dan bermain sambil belajar.

References

Angguni Yasmin, Rahmi Murniyati, Resti Andini Dwi Hendriatmi, Syahira Nabila, & Febrina Dafit. (2023). Program Literasi di SDN 112 Pekanbaru, SDN 161 Pekanbaru, SDN 018 Kubang Raya dan SDN 028 Rimbo Panjang. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 786–795. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i4.2117

B, F., Luma, M., Kamarudin, K., Irwan, I., & Akbar, A. (2023). Penguatan Pemahaman Budaya dan Kearifan Lokal Melalui Program Literasi Budaya. Jurnal Abdidas, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i1.744

Dewayani, S. R. N. (2022). Panduan Penggunaan Modul. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–44.

Eko Priyantini, L. D., & Yusuf, A. (2020). The Influence of Literacy and Read Aloud Activities on the Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal of Primary Education, 9(3), 295–302. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39216

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Koralek, D., & Koralek, D. (1998). Reading Aloud with Children of All Ages. Review of Educational Research, 1–6.

Nasution, A. (2022). Gerakan Literasi Berbasis Local Wisdom Melalui Buku Budaya Mandailing untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 31. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1317

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Permatasari, I., Putra, A. M. D., Khanif, A., Anggoro, P. W., Kustiyarto, R. A., Rizqullah, M. A. F., Wibianingrum, C. K., Weroh, M. V. C., Damayanti, F., & Marhaeni, N. H. (2023). Optimalisasi Klinik Literasi Guyub Rukun di Desa Argosari Melalui Kegiatan BSB (Bermain Sambil Belajar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1634–1641. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.397

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Silalahi, M., Pasaribu, R., Andre, J., & ... (2023). Klinik Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berbasis Teknologi dan Permainan di SD Swasta Luis Betlehem Kecamatan STM Hilir. … Bidang Sains Dan …, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i2.1739

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Wiedarti, D. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Edisi 2). In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2). https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Lestari, I. W., Putri , G. A., Fauzia , L., Yesinta, Apriliani , N. W., Narita , U. D., & Tauchid, A. (2024). Klinik Pelatihan Peningkatan Literasi Siswa Berbasis Digital dan Permainan di SD Negeri Sumbang 1 Kecamatan Sumbang . Journal of Research Applications in Community Service, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i2.2818
Abstract View: 2, PDF Download: 2