Pendampingan Pengembangan Media Ajar Bahasa Arab Berbasis Wordwall untuk Guru SMAI Al Fattah Kalitidu


DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i2.4503Keywords:
Media Ajar, Wordwall, Bahasa Arab, Smai Al Fattah, Teaching Media, Arabic Language, SMAI Al FattahAbstract
Pengembangan media ajar bahasa Arab berbasis platform Wordwall di SMAI Al Fattah Kalitidu, Bojonegoro dilatarbelakangi oleh tantangan digital dalam pendidikan bahasa Arab. Permasalahan mitra adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi digital dan merancang media pembelajaran interaktif. Solusi yang ditawarkan melalui program pengabdian adalah pelatihan intensif dan pendampingan pengembangan media ajar menggunakan Wordwall, dengan menerapkan metode Partisipatory Action Research (PAR) untuk memastikan keterlibatan aktif guru dalam setiap tahapan pengembangan media. Kegiatan dilaksanakan selama delapan minggu melalui tahapan sistematis siklus PAR: perencanaan partisipatif, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil program menunjukkan bahwa guru berhasil menghasilkan lima media ajar interaktif serta mengalami peningkatan kompetensi digital sebesar 42% berdasarkan hasil pretest-posttest. Selain itu, motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab juga meningkat secara signifikan.
References
Andi, Alim, S., Erni, Ekafitria, B., Abdul, Karirn, G., & Ahmad, S. (2022). Workshop pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Pengamas, 4(3).
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292
Bahy, M. B. A., Moh. Ainin, A. W. R., Rahman, A., Syaifullah, M., & Naf’an, A. W. (2024). Digitalization of Arabic Language Textbook Based on Communicative Learning to Improve the Linguistic Competence of Madrasah Tsanawiyah Students. An-Nabighoh (Metro), 26(1). https://doi.org/10.32332/annabighoh.v26i1.67-78
Daniel, Ari, W., & Catharina, B. (2024). The Effectiveness of Wordwall in Enhancing Students’ Engagement and Motivation in Literature Classes. International Journal of Linguistics, Literature and Translation. https://doi.org/10.32996/ijllt.2024.7.4.3
Diandra, Dai, N., Labu, D., & Emanuel, L. (2024). Implementation of the crt approach assisted by wordwall media in improving the poetry writing skills of class xe students of sma negeri 5 kupang. Jurnal Lazuardi, 7(3). https://doi.org/10.53441/jl.vol7.iss3.132
Hamzah, R, R., Mahmud, B., & Haeruddin, H. (2021). KREATIFITAS GURU MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MA NUHIYAH PAMBUSUANG KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.557
Kartimi, K., Asep, M., & Onwardono, Rit, R. (n.d.). Pemberdayaan guru dalam implementasi pembelajaran abad 21. DIMASEJATI, 1(2). https://doi.org/10.24235/DIMASEJATI.V1I2.5815
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Lefri, M. (2022). Sosialisasi Pemahaman Larangan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Serta Etika Penggunaan Media Sosial Pada Remaja. AIWADTHU: Jurnal Pengabdian Hukum, 2(2). https://doi.org/10.47268/aiwadthu.v2i2.940
Muhammad, M., & Muhammad, T. (2023). Tatwir al wasaail at taklimiyyah al arabiyyah ‘alaa asas wordwall fii madrasati al yusriyah tsanawiyah. El-Tsaqafah, 22(1), 99–117. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v22i1.7794
Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2). https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1008
Surawan, S., & Laila, H. (2024). Pembinaan pembentukan media interaktif guru dengan metode tgt (teams games tournament) berbasis wordwall di min 4 palangka raya. Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.62180/87bekr39
Yosef, S., & Dedi, A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Abung Pekurun. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 82–97. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.73
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Research Applications in Community Service

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan

