Pendampingan Pengembangan Media Ajar Bahasa Arab Berbasis Wordwall untuk Guru SMAI Al Fattah Kalitidu

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Miftahul Mufid Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Devi Eka Diantika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Ahmad Amirul Kholid Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i2.4503

Keywords:

Media Ajar, Wordwall, Bahasa Arab, Smai Al Fattah, Teaching Media, Arabic Language, SMAI Al Fattah

Abstract

Pengembangan media ajar bahasa Arab berbasis platform Wordwall di SMAI Al Fattah Kalitidu, Bojonegoro dilatarbelakangi oleh tantangan digital dalam pendidikan bahasa Arab. Permasalahan mitra adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi digital dan merancang media pembelajaran interaktif. Solusi yang ditawarkan melalui program pengabdian adalah pelatihan intensif dan pendampingan pengembangan media ajar menggunakan Wordwall, dengan menerapkan metode Partisipatory Action Research (PAR) untuk memastikan keterlibatan aktif guru dalam setiap tahapan pengembangan media. Kegiatan dilaksanakan selama delapan minggu melalui tahapan sistematis siklus PAR: perencanaan partisipatif, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil program menunjukkan bahwa guru berhasil menghasilkan lima media ajar interaktif serta mengalami peningkatan kompetensi digital sebesar 42% berdasarkan hasil pretest-posttest. Selain itu, motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab juga meningkat secara signifikan.

References

Andi, Alim, S., Erni, Ekafitria, B., Abdul, Karirn, G., & Ahmad, S. (2022). Workshop pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Pengamas, 4(3).

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292

Bahy, M. B. A., Moh. Ainin, A. W. R., Rahman, A., Syaifullah, M., & Naf’an, A. W. (2024). Digitalization of Arabic Language Textbook Based on Communicative Learning to Improve the Linguistic Competence of Madrasah Tsanawiyah Students. An-Nabighoh (Metro), 26(1). https://doi.org/10.32332/annabighoh.v26i1.67-78

Daniel, Ari, W., & Catharina, B. (2024). The Effectiveness of Wordwall in Enhancing Students’ Engagement and Motivation in Literature Classes. International Journal of Linguistics, Literature and Translation. https://doi.org/10.32996/ijllt.2024.7.4.3

Diandra, Dai, N., Labu, D., & Emanuel, L. (2024). Implementation of the crt approach assisted by wordwall media in improving the poetry writing skills of class xe students of sma negeri 5 kupang. Jurnal Lazuardi, 7(3). https://doi.org/10.53441/jl.vol7.iss3.132

Hamzah, R, R., Mahmud, B., & Haeruddin, H. (2021). KREATIFITAS GURU MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MA NUHIYAH PAMBUSUANG KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.557

Kartimi, K., Asep, M., & Onwardono, Rit, R. (n.d.). Pemberdayaan guru dalam implementasi pembelajaran abad 21. DIMASEJATI, 1(2). https://doi.org/10.24235/DIMASEJATI.V1I2.5815

Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Lefri, M. (2022). Sosialisasi Pemahaman Larangan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Serta Etika Penggunaan Media Sosial Pada Remaja. AIWADTHU: Jurnal Pengabdian Hukum, 2(2). https://doi.org/10.47268/aiwadthu.v2i2.940

Muhammad, M., & Muhammad, T. (2023). Tatwir al wasaail at taklimiyyah al arabiyyah ‘alaa asas wordwall fii madrasati al yusriyah tsanawiyah. El-Tsaqafah, 22(1), 99–117. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v22i1.7794

Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2). https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1008

Surawan, S., & Laila, H. (2024). Pembinaan pembentukan media interaktif guru dengan metode tgt (teams games tournament) berbasis wordwall di min 4 palangka raya. Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Nusantara, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.62180/87bekr39

Yosef, S., & Dedi, A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Abung Pekurun. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 82–97. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.73

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mufid, M., Diantika, D. E., & Kholid, A. A. (2025). Pendampingan Pengembangan Media Ajar Bahasa Arab Berbasis Wordwall untuk Guru SMAI Al Fattah Kalitidu. Journal of Research Applications in Community Service, 4(2), 69–78. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v4i2.4503
Abstract View: 0, PDF Download: 0