PENGGUNAAN MEDIA NUMBER BLOCKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK IT AL AQSHA
Abstract View: 248, pdf Download: 346DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1389Keywords:
Number blocks, Kemampuan berhitung, Anak usia diniAbstract
Penelitian yang dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan kognitif anak Penelitian ini dilakukan untuk lembanga yang kesulitan dalam mengembangkan aspek kognitif anak didiknya terutama pada aspek berhitung adalah (1) Kurangnya pemahaman anak dalam mengurutkan angka (2) Kurang mampunya anak dalam berhitung angka 1-10 di kelompok TK A (4) Apakah media number blocks dapat digunakan sebagai sarana belajar anak didik dalam mengembangkan kognitifnya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik TK A di TK IT AL-AQSHA. Penelitian ini menggunakan tiga siklus penelitian dan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar penilaian dan RPP harian. Media number blocks ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan perkembangan berhitung. Hasil dari penelitian ini yakni sebesar 88,71% dinyatakan tuntas dan persentase anak yang belum tuntas hanya sebesar 14,2%, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media number blocks dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik usia 4-5 tahun di TK IT Al-Aqsha
References
Abdulhak, Ishak. (2003). Konseptualisasi Pemetaan Tatanan Kebijakan serta Sistem dan Program Pendidikan Anak Dini Usia di Indonesia, Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia „Konseptualisasi Sistem & Program PAUD‟, Edisi Khusus 2003. Jakarta: Dit. PADU Depdiknas, h.21-46.
Agnes Dhear Nur Cahyani (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4–5 tahun melalui permainan balok angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 8(3), pp. 170-179, 2020
Aprilia Wahyuning Fitri, Maemunah(2021). Kemampuan Membilang Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Cuisenaire. Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak Volume 6No 3, Tahun 2021
Astutik, P. (2018). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Didik Usia 3-4 Tahun Di Paud Terpadu Lestari Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013.
Dwi Astuti, R. (2018). Pengaruh Penguuna Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Nusa Indah Bulutengger Sekaran Lamongan. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama dan Kebudayaan, 4(2), 92–114.
Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, 2007, hal. 3
Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, D. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget a. Pendahuluan (Vol. 3, Issue 1). Januari-Juni.
Fatimah, E. R., Islam, I. A., & Bungo, Y. (n.d.). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali).
Maimunah Hasan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Panduan Lengkap Manajemen Mutu Pendidikan Anak Untuk Para Guru Dan Orang Tua, Diva Press, Yogyakarta, 2010.
Maulida S, Kaidaro (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di Ra Ar Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosarikabupaten Mojokerto. Jurnal Abata:Vol 2 No 2 2022.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib. 6(1).8999.dari:https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/altadib/article/view/292
Pradana, P. H., Kunci, K., Angka, P. B., Mengenal, K., & Bilangan, L. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 2).
Suwaryaningrat, N. D. E. (2020). Cognitive Development for Preschooler 4-5 Year Olds by Using PowerPoint Audio-Visual Media on ECE Students. Society, 8(2), 772–782. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.276
Syahrida, U., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2017). Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar (Pada Anak Kelompok A Raudhatl Athfal Masyithoh) Plumpung Cawas Klaten Simbol-Simbol.
Umayah, Juhri, Muqdamien, B., Fauzia, W., & Qolbiyah, S. M. M. (2021). Penggunaan Balok Cuiseniare Untuk Media Pengenalan Bilangan Bagi Anak Usia Dini. Junral Intersection, 6(1).
Vitaloka, W. (2020a). Penggunaan Balok Cuisenaire dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Ibunda Kubang Kabupaten Kerinci. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(1), 1–9. Retrieved fromhttp://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e- jmp/article/view/737/473
Vitaloka, W. (2020b). Penggunaan Balok Cuisenaire Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Di Taman Kanak-Kanak Ibunda Kubang Kabupaten Kerinci. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(2), 38–51
Vety Cahya, Ike (2018) Meningkatkan Pemahaman Logika Matematika Awal Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Hidayah 3 Patrang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Weni, R. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Proyek Dengan Media Kartu Pintar Anak TK Pertiwi Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yurnalisma, & Fatmawati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Satu Sampai Lima Melalui Media Balok Angka bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas VII di SL B N 1 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6, 156–164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.