EXPLOSION BOX: MEDIA INTERAKTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI
Abstract View: 267, pdf Download: 311DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1391Keywords:
Anak usia dini, Media pembelajaran, Explosion BoxAbstract
Hampir disetiap instasi pendidikan kini menggunakan media interaktif guna membantu proses pembelajaran termasuk di jenjang pendidikan anak usia dini. Penggunaan media interaktif sangat tepat dan efisien dalam menyampaikan sebuah pembelajaran. Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan rasa ingin tau anak sehinga dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis pada anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis di TK Dharma Wanita Klampitan ditemukan bahwa kurangnya media pembelajaran yang diberikan guru. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Dengan Prosedur penelitian desain pengambangan Borg and Gall. Subjek penelitian berjumlah empat yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil uji validasi ahli media 0,81 dan ahli materi 0,82 dengan kualifikasi vali dan layak untuk uji coba. Dapat dinyatakan bahwa media Explosion Box layak digunakaan guna meningkatkan kemampuan kognitif berpikir logis.
References
Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara.
Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, M., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, U., Fitriana, F., Puspita, Y., Saputro, A., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, N. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Astutik, Y. D., Ridwan, R., & Utomo, H. B. (2020). Peran guru dalam peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14330
Bujuri, D. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/LITERASI.2018.9(1).37-50
Damayanti, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran explosion box subtema energi alternatif untuk melatih keterampilan berpikir siswa. P-SEMART JOURNAL, 1(3), 8–14. https://edu.journal.pgriprovinsijawatimur.org/index.php/psemart/article/view/21
Febriani, A., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2022). Pengembangan dadu hitung edukatif sebagai media untuk menstimulasi kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 180–187. https://doi.org/10.33222/PELITAPAUD.V6I2.1667
Iftaturrohmah, Yuliati, N., & Suhartiningsih. (2022). Efektivitas metode bernyanyi berbantuan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok b. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 94–103. https://doi.org/10.32665/ABATA.V2I1.298
Lutfatulatifah, L., & Yuliyanto, S. W. (2017). Persepsi guru tentang membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/GA.V1I1.2766
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/JEU.V6I2.20294
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dan moral AUD selama masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I4.1884
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001–014. https://doi.org/10.21043/THUFULA.V8I1.6283
Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan kemampuan berpikir logis anak melalui kegiatan bermain warna. Journal of Early Childood Education Studies, 1(2), 38–70.
Rahayu, H. S. (2022). Pembelajaran sentra imtaq berbasis media audiovisual pada masa pademi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 174–190. https://doi.org/10.32665/ABATA.V2I2.553
Sari, P. P., Utomo, H. B., & Khan, R. I. (2020). Pengembangan kemampuan bekerjasama anak melalui permainan kreatif pohon dan tupai. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 44–51. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685
Tirtoni, F., Su’udiyah, F., & Susilo, J. (2019). Pengembangan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 191–204. https://doi.org/10.29407/JPDN.V5I1.13589
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/RA.V1I1.1489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.