EXPLOSION BOX: MEDIA INTERAKTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI

Abstract View: 182, pdf Download: 204

Authors

  • Findi Dwi Wijayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Irawan Hadi Wiranata Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0002-9716-8242
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1391

Keywords:

Anak usia dini, Media pembelajaran, Explosion Box

Abstract

Hampir disetiap instasi pendidikan kini menggunakan media interaktif guna membantu proses pembelajaran termasuk di jenjang pendidikan anak usia dini. Penggunaan media interaktif sangat tepat dan efisien dalam menyampaikan sebuah pembelajaran. Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan rasa ingin tau anak sehinga dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis pada anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis di TK Dharma Wanita Klampitan ditemukan bahwa kurangnya media pembelajaran yang diberikan guru. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Dengan Prosedur penelitian  desain pengambangan Borg and Gall. Subjek penelitian berjumlah empat yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil uji validasi ahli media 0,81 dan ahli materi 0,82 dengan kualifikasi vali dan layak untuk uji coba. Dapat dinyatakan bahwa media Explosion Box layak digunakaan guna meningkatkan kemampuan kognitif berpikir logis.

References

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara.

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, M., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, U., Fitriana, F., Puspita, Y., Saputro, A., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, N. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Astutik, Y. D., Ridwan, R., & Utomo, H. B. (2020). Peran guru dalam peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14330

Bujuri, D. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/LITERASI.2018.9(1).37-50

Damayanti, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran explosion box subtema energi alternatif untuk melatih keterampilan berpikir siswa. P-SEMART JOURNAL, 1(3), 8–14. https://edu.journal.pgriprovinsijawatimur.org/index.php/psemart/article/view/21

Febriani, A., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2022). Pengembangan dadu hitung edukatif sebagai media untuk menstimulasi kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 180–187. https://doi.org/10.33222/PELITAPAUD.V6I2.1667

Iftaturrohmah, Yuliati, N., & Suhartiningsih. (2022). Efektivitas metode bernyanyi berbantuan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok b. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 94–103. https://doi.org/10.32665/ABATA.V2I1.298

Lutfatulatifah, L., & Yuliyanto, S. W. (2017). Persepsi guru tentang membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/GA.V1I1.2766

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/JEU.V6I2.20294

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dan moral AUD selama masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I4.1884

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001–014. https://doi.org/10.21043/THUFULA.V8I1.6283

Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan kemampuan berpikir logis anak melalui kegiatan bermain warna. Journal of Early Childood Education Studies, 1(2), 38–70.

Rahayu, H. S. (2022). Pembelajaran sentra imtaq berbasis media audiovisual pada masa pademi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 174–190. https://doi.org/10.32665/ABATA.V2I2.553

Sari, P. P., Utomo, H. B., & Khan, R. I. (2020). Pengembangan kemampuan bekerjasama anak melalui permainan kreatif pohon dan tupai. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 44–51. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685

Tirtoni, F., Su’udiyah, F., & Susilo, J. (2019). Pengembangan media smart exploding box berbasis deep dialogue critical thinking untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 191–204. https://doi.org/10.29407/JPDN.V5I1.13589

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/RA.V1I1.1489

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Wijayanti, F. D., Utomo, H. B., Wiranata, I. H., & Lestariningrum, A. (2023). EXPLOSION BOX: MEDIA INTERAKTIF GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1391

Issue

Section

Articles
Abstract View: 182, pdf Download: 204