MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK: PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI
Abstract View: 869, pdf Download: 802DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1462Keywords:
Kecerdasan Visual-Spasial, Media Lapbook, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media lapbook dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Cendekia dan untuk mengetahui bagaimana media lapbook dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Cendekia. Penelitian ini didasarkan pada minimnya media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan majemuk salah satunya kecerdasan visual spasial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau PTK. Adapun sumber data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data tersebut dianalisa dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Landasan teori yang digunakan adalah teori Howard Gardner, McTaggart, dan konstruktivisme. Dari analisa data yang sudah dilakukan, maka diperoleh simpulan bahwa upaya meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun melalui media lapbook pada pra siklus baru mencapai 37,5% dengan kriteria mulai berkembang (MB). Siklus I mencapai 66,71% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Siklus II mencapai 82,95% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil dari penelitian kecerdasan visual-spasial anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan sebesar 1,4%. Setelah dilakukan perhitungan upaya meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun melalui media lapbook meningkat dan telah mencapai seluruh indikator yang ditetapkan
References
Afib Rulyansah, Uswatun Hasanah dan Ludfi Arya Wardana. 2017. Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences. Banyuwangi: LPPM IAIN Ibrahimy Genteng.
Arikunto, Suharsimi, dkk, 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemah Special For Woman. 2009. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema
Direktorat PAUD Kemendikbud, Mengenal Dukungan Psikologis Awal Bagi Orang Tua Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Gardner, Howard, Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Teori Dalam Praktik, Tangerang Selatan: Interaksara
Harmonis, Syafri, dkk. 2022. Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi, 6(4), 3578-3589.
Hoerr R. Thomas. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences. Bandung: PT Mizan Pustaka
Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Maulana, Gilang Jamaludin, Rosidah Ani. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Media Lapbook.Vol.6 No. 1 Tahun 2020 pp.41-49
Mulyasa. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib, Abdul. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2014. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rosidah, Laily. 2014. Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Vol.8 Edisi 2.
Rustiyarso dan Wijaya Tri. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah. Cet.Ke-1.
Sigit Purnama, Yuli Salis Hijriyani, dan Heldanita. 2019. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudin, Mahmudin. 2019. Karakter Pendidik Muhammadiyah Meneguhkan Idealisme dan Pembentukannya. Yogyakarta: CV Tangan Emas.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syurfah, Ariany. 2017. Multiple Intelligences For Islamic Teaching. Jakarta: Cerdas Interaktif
Ula, S.Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Ulfa & Winarti. 2021. Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Gerabah. Jurnal Abata, 1(1), 1-15.
Waseso, Iksan dkk. 2014. Materi Pokok Evaluasi Pembelajaran TK. Tangerang: Universitas.
Zaman, Badru, dkk. 2014. Media dan Sumber Belajar TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.