IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENGENALKAN BAHASA KRAMA INGGIL PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Abstract View: 269, pdf Download: 115

Authors

  • Muhimatul Khoiroh Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Mohammad Tsaqibul Fikri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Siti Labiba Kusna Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2173

Keywords:

Metode Bernyanyi, Bahasa Krama Inggil

Abstract

Bahasa Krama Inggil merupakan salah satu warisan budaya yang hampir punah dan harus kita lestarikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Bernyanyi dalam  Mengenalkan Bahasa Krama Inggil Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Nurul Ulum Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4 – 5 tahun dan guru kelas A di RA Nurul Ulum Sandingrowo Soko Tuban yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dengan harapan data yang dihasilkan valid, subjektif dan otentik. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa krama Inggil adalah dalam pelaksanaan pembelajaran  yang dilaksanakan oleh guru di kelas  menggunakan metode bernyanyi dengan dua jenis lagu yaitu 3 tembang dolanan dan 5 lagu gubahan. Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan Bahasa krama Inggil memberikan hasil yang positif terhadap anak-anak di RA Nurul Ulum dibuktikan dengan hasil wawancara kepada para wali murid yang sebagian besar anak sudah bisa menyebutkan beberapa kosa kata Bahasa krama inggil

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, B. S. (2010). "Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian kualitatif". Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10. No. 1

Baiturrohmah, dkk. (2022). "Efektivitas Metode Bernyanyi Berbantuan Media Audiovisual terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B". Jurnal Abata. Vol. 2. No. 1

Kalistya, D. C. (2018). "Implementasi Metode Bernyanyi Tembang Dolanan Untuk Mengembangkan Kosakata Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Kuncup Mekar Siraman Wonosari Gunungkidul".

Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Bandung: PT Cordoba Internasional Indonesia

Mulyana. (2008). Semantik Bahasa Jawa, Kajian Lengkap dinamika Makna dalam Bahasa (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta)

Nurfitriani, K. D. (2019). "Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada anak Usia Dini di PAUD Al Falah Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang". Dunia Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 2.

Nurwahyuni, E. & Nenny M. (2021). “Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun Pada Masa New Normal Di Taman Kanak-Kanak Ridhotullah Padang”. Cikal Cendekia Vol. 2. No. 1.

Ratnasari, K. N. & Rahmad, S. J. "Analisis Penggunaan Bahasa Krama Inggil Dari Orang Tua Terhadap Nilai Kesopanan Anak Di Desa Aryojeding Rejotangan Tulungagung". Pendidikan Karakter. Vol. 8. No. 2.

Rukmana, I. S. (2020). "Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Alus Pada Anak Di Paud Among Siwi Yogyakarta". Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4. No. 2.

Ruisniah. (2016). “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Malahayati Neuheun Tahun Pelajaran 2015/2016”. Edukasi.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)

Sasongko. (2004). Unggah-ungguh Bahasa Jawa, (Jakarta: Yayasan Paramalinguia)

Soepomo, P. Tingkat Tutur Bahasa Jawa, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, 1979)

Sri Wahyuni, E. & novialdi. (2016) “Metode Pembelajaran yang digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda”. Thufaila. Vol. 4. No.1.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih. (2015).” Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Melati I Madiun Tahun Ajaran 2015/2016”.

Wahyuningsih, S. (2017)."Lagu Anak Sebagai Media Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini''. Thufaila. Vol. 5. No. 1.

Zubaidah, E. (2004). “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah''. Cakrawala Pendidikan. Vol. 23. No. 3.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Khoiroh, M., Mohammad Tsaqibul Fikri, & Siti Labiba Kusna. (2023). IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENGENALKAN BAHASA KRAMA INGGIL PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2173

Issue

Section

Articles
Abstract View: 269, pdf Download: 115