UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DARI BAHAN DAUN
Abstract View: 443, pdf Download: 294DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2709Keywords:
Keterampilan , Motorik Halus, Kolase, Bahan DaunAbstract
Permasalahan yang ditemui dilapangan pada penelitian ini ialah anak belum dapat konsentrasi, belum dapat menempelkan bahan kolase dipermukaan kertas dengan rapi, dan anak belum dapat membentuk potongan bahan kolase sesuai bentuk gambar. Mengingat perkembangan motorik halus anak mempengaruhi rasa percaya diri anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Melalui penelitian ini, peneliti mengetahui peran guru dalam memberikan akivitas kepada anak melalui kegiatan kolase. Jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah subyek 15 siswa di TK Islam Al-Fattah Sidoarjo kelas Inovatif 2. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan prosedur di setiap siklus, rancangan penelitian ini terdiri dari empat tahap: perencanaan; pelaksanaan; pengamatan; dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil aktivitas guru pada siklus I dengan jumlah persentase 69% dan meningkat pada siklus II sebesar 94%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,22% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%, dan hasil dari ketercapaian keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase pada siklus I dengan persentase sebesar 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Dapat disimpulkan upaya dalam meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dari bahan daun dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa TK Islam Al-Fattah Sidoarjo.
References
Agustin, Nurul. 2017. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Aktivitas Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan 23:168–75.
Agustin, Nurul. 2020. “peningkatan Pemahaman Mahasiswa S1 PGMI STAI Al-Azhar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Kuliah Studi Pengembangan Model Pembelajaran.” 7. doi: https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.636.
Agustin, Nurul. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Krian.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 2(2):141–48. doi: 10.55732/jmpd.v2i2.68.
Agustin, Nurul, Ivo Yuliana, and Rizki Amelia Andayani. 2022. “Penerapan Role Playing Berbantu Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Perkembangan Sosial Peralihan Anak Dari Tk Ke Sd.” Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):104–16. doi: 10.32665/abata.v2i1.308.
Ali, Muhammad, and Yuniarni, Desni. 2013. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam.” JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2:2–13. doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3442.
Abdussamad, Zuchri. 2021. "Metode Penelitian Kualitatif". Makasar : CV Syakir Media Press
Kusna, Siti Labiba, P. (2023). Big Book Storytelling : Stimulation Strategies in. KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.8548
Maghfuroh, Lilis. 2020. “Kolase Daun Kering Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Parasekolah.” 5(2):403–12. doi: http://doi.org/10.22216/jen.v5i2.4480.
Mardini, Lina, and Prima Aulia. 2021. “Efektivitas Kegiatan Kolase dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini.” GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education 2(2):141–52. doi: 10.35719/gns.v2i2.55.
Miftah, M. 2014. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa.” 2:1–11.
Nabila Fahira. 2021. “Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(02):24–35. doi: 10.31849/paud-lectura.v4i02.5851.
Nisa, Khoirun. 2021. “Implementasi Penggunaan Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” 12(01):138–51.
Nugrahaeni, Restya, and Baiti Al Ami. 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Loose Parts.” 1:89–96.
Nur Kholifah, Reza and Nuzsep Almigo. 2024. “Pemanfaatan Kolase Sebagai Alat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Di Sekolah Dasar.” TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat 3(2):89–94. doi: 10.36526/tekiba.v3i2.3397.
Primayana, Kadek Hengki. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini.” 4(1):91–100.
Puspitasari, Neng Riska, and Indra Zultiar. 2018. “Penggunaan Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Paud Warci Jaya Tahun Ajaran 2017-2018.” 48–53.
Saida, Naili, and Anisa Yunitasari. 2022. “Penerapan Pembelajaran Kolase Sebagai Upaya Edukasi Fauna Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2):490. doi: 10.30651/else.v6i2.13240.
Sumarayanti, Ni Ayu, Siti Hafsah, and TK Satya Kumara. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Media Bahan Alam di TK Satya Kumara.” 4(1):152–58.
Wahyuni, Sri, and Nurul Khotimah,. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Bahan Alam Kelompok Bermain.” 2014-06-01 3:1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.