ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Abstract View: 215, pdf Download: 193

Authors

  • Ima nur Diana Universitas Nahdlatul ulama sunan giri
  • Siti labiba Kusna Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Endang Puspitasari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2760

Keywords:

Permainan Sapu Tangan, Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Aspek pembangunan yang sangat penting adalah perkembangan fisik motorik anak, karena pada masa ini perkembangan otot-otot anak berkembang sangat cepat. Permainan sapu tangan sebagai salah satu bentuk dari kegiatan bermain dan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai bagaimana penerapan permainan sapu tangan terhadap perkembangan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun yaitu guru menyiapkan RPPH, membuat jadwal kegiatan permainan sapu tangan, menyiapkan media (sapu tangan), menyiapkan tempat untuk bermain dan menyiapkan alat pendukung lainya. Dari hasil perkembangan motorik kasar dan kognitif pada anak yaitu: anak berkembang sesuai harapan (BSH) seperti berlari, berlari zig zag, dan menangkap dengan tepat, berkonsentrasi dengan baik saat mendapatkan giliran bermain.

References

Al Ningsih, Y. R. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 69–76.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Farida Mayar, R. S. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini Farida. 3(2), 6.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Handayani, V., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 811–816. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.2096

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2018). Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856

Kania, Nia dan Handiarsa, A. (2016). Penatalaksanaan Demam Pada Anak. Universitas Indonesia, 1–7.

Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. (2022). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16525

Mulyana, Yusep; Lengkana, A. S. (2019). Permainan Tradisional (A. S. Mulyana, Yusep; Lengkana (ed.)). Salam Insan Mulia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OyPkDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=permainan+tradisional&ots=yKAOF9YL77&sig=gfXftObBLFHERQWUB57tBb6EjC0&redir_esc=y#v=onepage&q=permainan tradisional&f=false

Puspitasari, E., Nurkholishoh, S., & Da, U. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN. ABATA 2(1), 142. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.340

Sartika, I. D., Kusyairy, U., & Rapi, M. (2021). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar di Masa Pandemi Covid-19 Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Education, 4(1), 42. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21605

Veldman, S. L. C., Jones, R. A., Santos, R., Sousa-Sá, E., & Okely, A. D. (2018). Gross motor skills in toddlers: Prevalence and socio-demographic differences. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(12).

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Diana, I. nur, Kusna, S. labiba, & Puspitasari, E. (2024). ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 41–53. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2760

Issue

Section

Articles
Abstract View: 215, pdf Download: 193