EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN

Abstract View: 32, pdf Download: 15

Authors

  • Nailatil Maghfiroh Naila Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Ulfa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Roudlotun Ni’mah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2805

Keywords:

Display Kelas, Anak Usia Dini, Kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas display kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul Islam Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental, jumlah sampel yang terlibat adalah 21 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk menentukan pengaruh signifikan dari display kelas terhadap kemampuan membaca anak dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun setelah penerapan display kelas. Sebelum penerapan, skor rata-rata kemampuan membaca adalah 37, sedangkan setelah penerapan, skor meningkat menjadi 61,30. Temuan ini menegaskan bahwa display kelas efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Implikasinya, penggunaan display kelas dapat menjadi strategi yang berharga dalam pendidikan anak usia dini untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.

References

Fajarrini, Arsyia, and Aji Nasrul Umam. "Dampak Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Pandangan Islam." Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3.1 (2023): 20-28.

Aprilliany, Dewi, Efektivitas Bermain Dadu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Aud Di Kelompok A Tk Negeri Sanu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon, 2019.

Aris Priyanto. "Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, Journal Uny Ac Id, 2019.

ASIAH NUR. 'Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung". Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5.1 (2018), 19.

Aswat, Hajratul. Dkk 2019. "Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar" INA-Rxiv

Chatib, Munif dan Fatimah, Irma Nurul. 2013. Kelasnya Manusia: Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar Dengan Manajemen Display Kelas Bandung: Kaifa

Chatib, Munif, Kelasnya Manusia Memaksimalkan Otak Belajar Dengan Manajemen Display Kelas, 2015

Defi Putri Tsani, 'Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Ra Budi Mulyapedurungan Semarang Tahun Ajaran 2018/2019', 2019.

Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 65. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 65. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 18. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1450

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821

Rika Widhi Rahayu, F., & Dwi Wardhani, J. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375

Syarifuddin. (2021). WORKSHOP DISPLAY KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN IPS SE-KECAMATAN LAMPIHONG. DEDIKASI JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1, 11–17.

Tsani, Defi Putri, "Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Ra Budi Mulyapedurungan Semarang Tahun Ajaran 2018/2019, 2019

Ulfa, Lutfiatuz Zahrotul. Implementasi Metode Suku Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Mamba'ul Hisan Surabaya, Bussiness Law Binus, 7.2 (2020), 33-48

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Naila, N. M., Ulfa, & Roudlotun Ni’mah. (2024). EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2805

Issue

Section

Articles
Abstract View: 32, pdf Download: 15