PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN MUHAMMAD ABDUL HAFIZH SUWAID)

Abstract View: 27, pdf Download: 17

Authors

  • Agus Fathoni Prasetyo Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Hibrul Umam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • M. Afif Firdaus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2807

Keywords:

Pendidikan Islam, Anak, ‘Ulwan, Abdul Hafizh

Abstract

Orang tua atau pendidik harus menjaga dan  menanamkan dasar-dasar islam agar terhindar dari kerusakan akhlak dan kepribadiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pendidikan anak menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid; 2) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pendidikan anak menurut Abdullah Nasih ‘Ulwan dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research), serta metode pada penelitian ini menggunakan studi Komparatif untuk mencari kesamaan dan perbedaan. Yang terdapat dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam: Pendidikan Anak dalam Islam dan Prophetic Parenting cara Nabi Mendidik Anak. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu materi iman menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan adalah membuka kehidupan anak dengan kalimat Laa ilaahaillallah, mengajarkan halal dan haram, memerintahkan ibadah saat umur tujuh tahun, mendidik untuk mencintai Nabi, keluarga, dan membaca al-quran dan menggunakan metode keteladanan. Sedangkan menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yaitu menalqin anak mengucap kalimamt tauhid, cinta pada Rasulullah, keluarga dan sahabat beliau, mengajarkan al-quran pada anak, membentuk aktivitas anak dan metose keteladanan. Perbedaan terdapat dalam pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan yaitu tentang mengajari masalah halal dan haram, namun perbedaan ini saling melengkapi dalam mendidik anak dalam Islam.

References

Achmad, Rizal Fikri Alqozali. 2020. Konsep Pendidikan Anak Prespektif Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam (Analisis Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Modern). Program Studi Pendidikan Agama Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ahmad, Riyadi 2013. Dasar-dasar dan Operasional dalam Pendidikan Islam. Jurnal pendidikan (11).

Ahmad, 2018. Pendidikan Anak dalam Keluarga (Studi komparasi pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Jamal Abdurrahman). Skripsi tidak diterbitkan lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Gaus, Djulaiha. 2017. Pendidikan Islam Indonesia dan Tantangan Globalisasi: Perspektif Sosio-Historis. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, (Online), Volume 2, No 1, 14 Juni 2021.

Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan pendidikan Indonesia.

Hadi, Abdul. “Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Dalam UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak”. Jurnal An-Nisa’, Vol. 9 No. 2 (Desember 2016).

Idawati, Lili. 2016. Konsep pendidikan karakter anak dalam keluarga: analisis karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam Buku Mendidik Anak Bersama Nabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kolis, N., & Fajar Putri Artini, A. (2022). Studi Komparatif : Teori Edward Lee Thorndike Dan Imam Al Ghazali Dalam Implementasinya Di Pembelajaran Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 128–141. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.339

Muhajir. 2013. Pendekatan Komparatif dalam Study Islam. Jurnal Kajian Keislaman (2).

Nirmalasari. 2014. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Anak” kajian kitab tarbiyatul aulad fi Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. Studi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Salwa, Nayla Zuhriya & Rofiqotul Aini. 2023. Smart Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.1815

Savitri, 2018. “Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid)”. Studi UIN Raden Lampung.

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwaid, Hafizh Abdul Nur Muhammad. 2010. Prophetic Parenting; Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U media.

Suryadi, Ahmad Rudi. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: C.V. Budi Utama.

‘Ulwan, Nashih Abdullah. 2020. Pendidikan Anak dalam Islam. Insan Kamil: Sukoharjo.

Zuhri. 2020. Humanisme (dalam) Islam Sebuah Pengantar. In: Humanisme Dalam Filsafat Islam. FA PRESS Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 3-48. ISBN 978-602-6911-14-8.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Agus Fathoni Prasetyo, Hibrul Umam, & M. Afif Firdaus. (2024). PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN MUHAMMAD ABDUL HAFIZH SUWAID). Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 79–91. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2807

Issue

Section

Articles
Abstract View: 27, pdf Download: 17