PENGARUH KEGIATAN ALPHAJET GAME TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
Abstract View: 76, pdf Download: 87DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3227Keywords:
Alphajet Game; , Anak Usia Dini; , Kemampuan Mengenal Huruf;Abstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh Alphajet Game terhadap kemampuan mengenal huruf bahasa Inggris anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya kemampuan mengenal huruf dan kesulitan pengucapan huruf Bahasa saat pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kemampuan ini. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group, melibatkan pretest, perlakuan berbeda, dan posttest pada dua kelompok. Kelompok eksperimen, terdiri dari 16 anak, menggunakan Alphajet Game, sedangkan kelompok kontrol, terdiri dari 15 anak, menggunakan flashcard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 58 meningkat menjadi 68 pada posttest, sedangkan kelompok kontrol dari 43 menjadi 48. Pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan awal dan pasca intervensi, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Alphajet Game lebih efektif dibandingkan flashcard dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bahasa Inggris anak usia dini.
References
Amirian, E. S., & Levy, J. K. (2020). Current knowledge about the antivirals remdesivir (GS-5734) and GS-441524 as therapeutic options for coronaviruses. One Health, 9, 100128.
Anggraini, W. (2011). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun)(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Brown, D. (2000). Teaching by Principle: An Interactive Approch to Language Pedagogy. Longman.
Flewitt, R., Messer, D., & Kucirkova, N. (2015). New directions for early literacy in a digital age: The iPad. Journal of Early Childhood Literacy, 15(3), 289-310. https://doi.org/10.1177/1468798414557292
Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy. Computers in Entertainment (CIE), 1(1), 20.
Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2016). Becoming brilliant: What science tells us about raising successful children. American Psychological Association.
Hartati, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Bahasa Inggris Melalui Media Visual dan Permainan Edukatif pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 112-120. https://doi.org/10.21009/jpaud.09203
Hilmiah, I., & Yuliati, N. (2024). Faktor Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 54–66.
Jamaris, M. (2013). Kesulitan belajar pada anak usia dini: Analisis teori dan praktek. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Jazuly, A. (2016). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(01), 33–40.
Lestari Boediono. (2019, September 11). Akses pada Pendidikan Anak Usia Dini yang Bermutu Penting untuk Pengembangan Modal Manusia yang Berkelanjutan. Https://Www.Worldbank.Org/in/News/Press-Release/2019/09/11/Indonesia-Access-to-High-Quality-Early-Childhood-Education-Crucial-for-Continued-Progress-on-Human-Capital-Development.
Nikmah, Z. U., Muparrohah, M., & Antono, M. N. (2023). Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia Dini. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 4(1), 11–19.
Nugraha, R. G. A., Florentinus, T. S., & Utomo, K. B. (2018). Lagu nusantara: android role playing game for elementary school music learning. Journal of Primary Education, 7(2), 137–145.
Piaget, J. (1973). The Child’s Conception of the World: Transl. by Joan and Andrew Tomlinson. Paladin.
Plowman, L., McPake, J., & Stephen, C. (2010). The technologisation of childhood? Young children and technology in the home. Children & Society, 24(1), 63-74. https://doi.org/10.1111/j.1099-0860.2008.00180.x
Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 9(1).
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.
Shuler, C. (2012). iLearn II: An analysis of the education category of the iTunes App Store. New York, NY: The Joan Ganz Cooney Center.
Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.
Williams, J. (2019). The role of interactive learning methods in enhancing student engagement and outcomes. Journal of Educational Research, 123–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.