STRATEGI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI
Abstract View: 93, pdf Download: 117DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3304Keywords:
Pola asuh;, Spiritual dan sosial;, Anak usia dini;Abstract
Pada penelitian ini akan dibahas aspek perkembangan anak yaitu aspek mental dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami pola asuh orang tua dalam membesarkan anaknya dalam perkembangan aspek mental dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi, dan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan anak asal Desa Jetak Kecamatan Pasilan Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini adalah strategi pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua dengan menciptakan anak yang jujur, berani dalam berpendapat, belajar mengemban amanah yang telah di berikan, selalu mengutamakan kegiatan sholat serta anak melakukan kegiatan bermain dengan suka cita dan berada di kegiatan yang positif, hal itu merupakan fondasi yang perlu dibangun sejak usia dini, agar saat dewasa tumbuh menjadi seorang yang berpendirian teguh, beretika baik, jiwa sosial yang tinggi serta bertaqwa kepada Tuhannya.
References
Al Umairi, M. (2023). Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(2), 1–12. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9705
Ariana, R. (2016). Peningkatan Kreativitas Seni Anak Melalui Kegiatan Mencetak. 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1544
Ariska, K. (2024). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di TK Bina Bhakti Lampung Pada Pasca Pandemi Covid-19. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 6(2), 20. https://doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7650
Damayanti, U. F., & Solihin. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub, 3(2), 65–71.
Denisa, A., Amalia, D. R., Faiqoh, E., & Umairi, M. Al. (2024). Pola Komunikasi Keluarga Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Bungah Gersik. 2(2), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1552
Emsya Salsabela, Siti Khumaeroh, & Rr Deni Widjayatri. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Pra Sekolah Dengan Instrumen Kuesioner Masalah Mental Emosional. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.555
Fida Atiyah, M. A. U. (2024). Pengaruh permainan kubus untuk perkembangan. JIEEC: Journal of Islamic Education for Early Childhood, 6(2), 1–9. https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/8013
Khusus, S. W.-J. P. P., & 2014, U. (2014). Pola Asuh Orangtua Dalam Upaya Pembentukan Kemandirian Anak Down Syndrome X Kelas D1/C1 Di Slb Negeri 2 Padang (Studi Kasus Di SLB Negeri 2 Padang). 103.216.87.80, 3(September), 737–746. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuHalaman:737-746
Lasaiba, D. (2018). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. FIKRATUNA: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8 (2).
Maghfiroh, L., Sidiq, A. M., & Umairi, M. Al. (2024). Peran Ustadzah Thaharah Dalam Pembelajaran Toilet Training Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Kelompok A di RA Perwanida Ketintang. 2(2), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1546
Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 58–74.
Mushab Al Umairi, R. A. L. (2023). Pengembangan Interaksi Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Di Abad 21. ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 274–280. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1534
Nisa, Khairun. Abdul, M. (2020). Peran Interaksi Sosial Terhadap Pola Asuh Perkembangan Anak Di Keluarga Dalam Pandangan Islam. ISTIGHNA, 3(2), 201–213. https://www.researchgate.net/publication/343638048_Peran_Interaksi_Sosial_Terhadap_Pola_Asuh_Perkembangan_Anak_Di_Keluarga_Dalam_Pandangan_Islam
Nurkhasyanah, A. (2024). Pemerolehan Variasi Bahasa Anak Usia Dini Dalam Perspektif Sosiolinguistik. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 6(2), 1. https://doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7970
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Paramitra, R., Yuliati, N., & Saputri, S. weyara dienda. (2022). Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.585
Sidiq, A. M. M. A. U. (2022a). Social Development of Early Children in Online Learning in the Time of the Covid-19 Pandemic. IJECES: Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijeces.v11i2.57676
Sidiq, A. M. M. A. U. (2022b). THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 e-ISSN: 2658-161X. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 21–28. https://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/18943
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usiaa Dini di Masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Umairi, M. Al. (2024). Reinforcement of Social Emotional Early Childhood in the Era of. 8(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v8i1.751
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.