STRATEGI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI

Abstract View: 93, pdf Download: 117

Authors

  • Mushab Al Umairi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Putri Sukma Nabila Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aura Ayu Devani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Unzillatur Rochma Irfah Zaidah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3304

Keywords:

Pola asuh;, Spiritual dan sosial;, Anak usia dini;

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas aspek perkembangan anak yaitu aspek mental dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami pola asuh orang tua dalam membesarkan anaknya dalam perkembangan aspek mental dan  sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi, dan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan anak asal Desa Jetak Kecamatan Pasilan Kabupaten Lamongan. Hasil  penelitian ini adalah  strategi pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua dengan menciptakan anak yang jujur, berani dalam berpendapat, belajar mengemban amanah yang telah di berikan, selalu mengutamakan kegiatan sholat serta anak melakukan kegiatan bermain dengan suka cita dan berada di kegiatan yang positif, hal itu merupakan fondasi yang perlu dibangun sejak usia dini, agar saat dewasa tumbuh menjadi seorang yang berpendirian teguh, beretika baik, jiwa sosial yang tinggi serta bertaqwa kepada Tuhannya.

References

Al Umairi, M. (2023). Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(2), 1–12. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9705

Ariana, R. (2016). Peningkatan Kreativitas Seni Anak Melalui Kegiatan Mencetak. 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1544

Ariska, K. (2024). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di TK Bina Bhakti Lampung Pada Pasca Pandemi Covid-19. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 6(2), 20. https://doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7650

Damayanti, U. F., & Solihin. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub, 3(2), 65–71.

Denisa, A., Amalia, D. R., Faiqoh, E., & Umairi, M. Al. (2024). Pola Komunikasi Keluarga Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Bungah Gersik. 2(2), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1552

Emsya Salsabela, Siti Khumaeroh, & Rr Deni Widjayatri. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Pra Sekolah Dengan Instrumen Kuesioner Masalah Mental Emosional. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.555

Fida Atiyah, M. A. U. (2024). Pengaruh permainan kubus untuk perkembangan. JIEEC: Journal of Islamic Education for Early Childhood, 6(2), 1–9. https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/8013

Khusus, S. W.-J. P. P., & 2014, U. (2014). Pola Asuh Orangtua Dalam Upaya Pembentukan Kemandirian Anak Down Syndrome X Kelas D1/C1 Di Slb Negeri 2 Padang (Studi Kasus Di SLB Negeri 2 Padang). 103.216.87.80, 3(September), 737–746. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuHalaman:737-746

Lasaiba, D. (2018). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. FIKRATUNA: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8 (2).

Maghfiroh, L., Sidiq, A. M., & Umairi, M. Al. (2024). Peran Ustadzah Thaharah Dalam Pembelajaran Toilet Training Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Kelompok A di RA Perwanida Ketintang. 2(2), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/bocil.v2i2.1546

Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 58–74.

Mushab Al Umairi, R. A. L. (2023). Pengembangan Interaksi Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Di Abad 21. ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 274–280. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1534

Nisa, Khairun. Abdul, M. (2020). Peran Interaksi Sosial Terhadap Pola Asuh Perkembangan Anak Di Keluarga Dalam Pandangan Islam. ISTIGHNA, 3(2), 201–213. https://www.researchgate.net/publication/343638048_Peran_Interaksi_Sosial_Terhadap_Pola_Asuh_Perkembangan_Anak_Di_Keluarga_Dalam_Pandangan_Islam

Nurkhasyanah, A. (2024). Pemerolehan Variasi Bahasa Anak Usia Dini Dalam Perspektif Sosiolinguistik. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 6(2), 1. https://doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7970

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Paramitra, R., Yuliati, N., & Saputri, S. weyara dienda. (2022). Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.585

Sidiq, A. M. M. A. U. (2022a). Social Development of Early Children in Online Learning in the Time of the Covid-19 Pandemic. IJECES: Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijeces.v11i2.57676

Sidiq, A. M. M. A. U. (2022b). THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 e-ISSN: 2658-161X. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 21–28. https://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/18943

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usiaa Dini di Masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Umairi, M. Al. (2024). Reinforcement of Social Emotional Early Childhood in the Era of. 8(1), 51–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v8i1.751

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Mushab Al Umairi, Putri Sukma Nabila, Aura Ayu Devani, & Unzillatur Rochma Irfah Zaidah. (2024). STRATEGI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 108–116. https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3304

Issue

Section

Articles
Abstract View: 93, pdf Download: 117