PERAN ORANGTUA YANG MENUNGGU ANAK DI PRA SEKOLAH: DAMPAK DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK

Abstract View: 59, pdf Download: 135

Authors

  • Maimunah Munaamah Universitas Annuqayah

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3377

Keywords:

peran orangtua , Menunggu di sekolah, Dampak dan implementasi, Pembelajaran anak

Abstract

Peran orang tua pada periode pendidikan anak usia dini sangat krusial oleh sebab itu orang tua perlu secara inten melibatkan diri pada pendidikan dan pengajaran anak di rumah hingga lingkungan sekolah. Salah satu bentuk keterlibatan orang tua di RA. As-Salamah ialah dengan mengantar dan menunggui anak di lingkungan sekolah hingga kegiatan pembelajaran selesai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan pengupulan data teknik wawancara dan observasi partisipatif dengan peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, Teknik analisis data menggunakan prosedur reduksi data, penyajian display verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua yang menunggui anak di lingkungan sekolah dapan terjalin ikatan emosional yang kuat dengan anak, kemitraan atau komunikasi yang lebih intens dengan guru di sekolah, sedangkan dampak yang dirasakan anak lebih termotivasi belajar, hubungan yang lebih harmonis antara anak dan orang tua, dapat menfasilitasi kolaborasi antara orang tua dan guru dengan orangtua mengetahui dan terlibat langsung saat proses pembelajaran, atau kegiatan bulanan berupa Khotmil Qura’an dan musyawarah bersama. Dampak negatif yang dialami adalah anak yang kurang bersikap mandiri dan displin saat di sekolah seperti dalam bentuk sering meminta bantuan orantua saat kegiatan pembelajaran.

References

Aini, W. N., Pudyaningtyas, A. R., & Zuhro, N. S. (2022). Korelasi Antara Kualitas Hubungan Orang Tua – Anak Dengan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 10(2), 120. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58586

Albi Anggito & Johan, Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Cenceng, C. (2015). Perilaku Kelekatan Pada Anak Usia Dini (Perspektif John Bowlby). Lentera, IXX.2, 141–153.

Elminah, E., & Patilima, H. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Pada Anak Usia 5 -6 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9 (2), 1116–1125. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5140

Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode Penelitian (Yogyakarta:PT Kanisius)

Hijriati, H. (2019). Faktor Dan Kondisi Yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini’. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V.2, 94–102.

Ilmiati, C. H. (2019). Kemitraan Antara Orangtua Dengan Sekolah Di Tk Al I’dad An-Nuur Cahaya Umat Triharjo Sleman. Jurnal Pendidikan Anak Usia 590 Dini, Edisi 7 Tahun ke-8, 589–597.

Jamilah, Jamilah. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan ). Simulcara, 2.2 (2019), 181–194.

Meilany, L., Sulastri, S., Witianti, S., & Basar, G. G. K. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Terhadap Anak Usia Dini. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 2 |(Nomor 2 |), 154–164. https://doi.org/10.35880/ jhp2m.v2i2.646|

Nopiyanti, H. R., & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. 5.

Pratama, E. H., Purwo, S., & Wardhani, I. S. K. (2020). Kemitraan Sekolah Dengan Orangtua Sebagai Solusi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar’. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 1(1), 29–37.

Putri, R. A., Mawaddah, S., Bancin, M., & Putri, H. (2023). Peran Penting dan Manfaat Keterlibatan Orang Tua di PAUD: Membangun Pondasi Pendidikan Anak yang Kokoh. AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, Vol. 3 No. 1 (, 42–49.

Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.8,No. 2.

Sari, N. K., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni. (2020). Persepsi Orangtua Tentang Alasan Menunggu Anak di PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 5 (1), 74-82, 74–82.

Shofiyah, H., Nadlifah, N., & Purnama, S. (2020). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menangani Anak yang Masih Ditunggu pada Jam Belajar. Journal of Education Research, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.16

Turnip, E. S., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2019). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Di Tk Negeri Pembina Kota Pekanbaru. 3.

Utsman, A. F., & Hanifah, U. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dengan Memberi Identity Card Di Kelompok A. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 54–65. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.234

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Munaamah, M. (2024). PERAN ORANGTUA YANG MENUNGGU ANAK DI PRA SEKOLAH: DAMPAK DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 131–143. https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3377

Issue

Section

Articles
Abstract View: 59, pdf Download: 135