PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI MACAM MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract View: 307, pdf Download: 235DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3391Keywords:
Media Pembelajaran , Anak usia dini, KognitifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media pembelajaran anak usia dini. Media pembelajaran merupakan aspek penting yang menunjang proses belajar bagi anak usia dini agar dapat mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan untuk persiapan pendidikan pada jenjang selanjutnya. Sangat banyak media pembelajaran yang sudah diterapkan dan dikembangkan pada pendidikan anak usia dini, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe studi kepustakaan. Proses pengumpulan data dalam jenis penelitian ini merupakan: editing, organizing dan finding. Teknik analisis data penelitian ini merupakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa begitu banyak media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik sesuai dengan aspek-aspek tertentu seperti aspek pengembangan aspek perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini. Melalui media pembelajaran anak dapat mengembangkan pemikiran dan juga imajinasinya dalam bermain sambil belajar. Mengembangkan kognitif anak terdapat macam-macam jenis media pembelajaran diantaranya yaitu; Print media (media cetak), Audio media (media suara), Visual media (media visual), Audio-visual media.
References
Alvin, K. Z., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Piaud, P. S. (2020). Anak usia dini usia 4-5 tahun di tk muslimat.
Asyar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada press.
Budiman, Haris. 2016. “Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 7.
Khadijah. 2016. Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdanaa Publising.
Maharani, I., & Hidayah Putri, J. (2023). Relevansi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 353–361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719
Maslihah, Sri. 2005. Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak.
Nurdiyanti. 2019. “Implementasi Media Visual dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 (1).
Papalia, Diane. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, Terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Patmonodewo. 2003. “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Perdana Publishing.
Puspitasari, E., & Ni’mah, R. (2024). Local Wisdom Comics of Tuban District Culture: As a Media to Stimulate The Expressive Language of Early Children. Journal of Islamic Education Students (JIES), 4(1), 84. https://doi.org/10.31958/jies.v4i1.12273
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Rupnidah. 2022. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal PAUD Agapedia 6.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Yeni Rachmawati, Euis Kurniati. 2019. Strategi pengembangan kreativitas pada anak : usia taman kanak-kanak. Jakarta : Kencana.
Zaini, Herman, and Kurnia Dewi. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.