EKSISTENSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK INDONESIA (IGTKI) MELALUI MANAJEMEN PERSONAL BRANDING

Abstract View: 116, pdf Download: 63

Authors

  • Hanim Maf’ula universitas nahdlatul ulama sunan giri
  • Ahmad Farid Utsman Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Roudlotun Ni’mah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3412

Keywords:

Personal Branding, Pemimpin

Abstract

Personal Branding bisa disebut dengan identitas diri seseorang atau biasa didefinisikan dengan proses komunikasi tentang kepribadian, kemampuan, nilainilai keahlian, perilaku, prestasi, keunikan dan bagaimana semua itu menimbulkan persepsi positif dari seseorang sehingga persepsi tersebut dapat menjadi sebuah identitas dan digunakan seseorang dalam mengingatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif data yang diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah anggota organisasi IGTKI kecamatan malu teknis analisis data meliputi reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan menggunakan teknik triangulasi sumber teknik dan juga triangulasi waktu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: Personal Branding ketua IGTKI kecamatan Malo dalam meningkatkan kekompakan pendidik Taman kanak-kanak 1. Personal Branding ketua IGTKI kecamatan Malo dengan menggunakan keterampilan kepemimpinan human relation skill atau keterampilan hubungan manusiawi yang diterapkan dalam hubungan sosial dengan gaya kepemimpinan demokratis. 2. Mengupayakan kekompakan anggota melalui pengadaan pertemuan rutin setiap satu bulan dengan cara anjangsana serta pemberian motivasi yang dilakukan secara terus-menerus atau konsisten.

References

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.

Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626

Ahmad, S. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43.

Aini Gaho, D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XI SMK Negeri 1 Pulau-Pulau Batu. Journal on Education, 6(2), 13545–13562. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5214

Amstrong. (2018). Hubungan Baik Antara Kinerja Karyawan Dan Faktor Yang Memprngaruhi Kinerja Karyawan. Wibowo (2017:8), 8–29.

Boualloub, M. K. R. G.-B. P. J. V.-M. J.-M. A. 1Chaki b. (2015). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Peran Sungai Bagi Masyarakat, 9(1), 76–99.

Chrisharyanto, H. (2014). Konsep pemimpin nasional yang baik: Survey pada masyarakat Jakarta. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(1), 1689–1699.

Elan, U., & Pamungkas, B. A. (2014). Pengaruh Kekompakan Dalam Teamwork Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mandiri Logistindo Surabaya. Fakultas Ekonomi, 03(1), 111–132.

Franzia, E. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 15–20. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2690

Harrison, C. (2020). Contingency Leadership Theory. Traditional Paradigms of Leadership, 1(1), 76–87. https://doi.org/10.1007/978-3-030-40805-3_3

James W, Elston D, T. J. et al. (2024). Metode Penelitian. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 37–47.

Laia, N. (2020). Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pegawai Kantor Camat Simpang Empat Kabupaten Karo. Kekurangan Serta Kelebihan Metode Hafalan, July, 1–23.

Ley 25.632. (2002). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. 31–46.

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93

Norhasanah. (2021). Kepemimpinan dan Keterampilan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pada Pendidikan. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 118–124.

Nurwita. (2018). Pengaruh Kerjasama Tim dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Polsek Medan Sunggal. Skripsi, Universitas Medan Area, 99.

Pinayung. (2019). Implemetasi kebijakan aksesibilitas pelayanan. Universitas Maritim Semarang, 1(69), 5–24.

Rosalina, I. F., & Fariza, A. N. (2023). Pengaruh Personal Branding Terhadap Brand Image Secondate Beauty. Communications, 5(2), 536–555.

Royani, S. F., & Rusdiana, J. (2023). Personal Branding Calon Legislatif Generasi Z Melalui Instagram : Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @ muhammadshoma manusia sehari-hari . Salah satu kemajuan teknologi saat ini adalah internet . Internet memperkenalkan identitas pribadi dan membangun . 11(02), 241–259.

Sandra, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT Sumber Sawit Sejahtera Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. 11–34.

Sari, R. M., Noupal, M., & Ilyas, D. (2023). Kontekstualisasi Ayat-Ayat tentang Kepemimpinan dalam Al-Qur’an (Studi Fenomena Politik Identitas Indonesia). Al-Misykah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 76–92. https://doi.org/10.19109/almisykah.v4i1.18954

Siagian, E. dan H. (2019). Analisis Gaya Kepemimpinan Dan Nilai Kepemimpinan Direktur Pt Media Rajawali Indonesia. Jurnal Agora, 6(2), 1–7.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukadi, I., & Si, M. (2017). 36-Article Text-135-2-10-20190621.

Susetyarsi, T., & Wiranti, S. (2009). Model Kepemimpinan dalam Organisasi. In Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik) (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–18).

Sutikno, D. M. S. (2018). PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN Tips Praktis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan. Holistica, 156.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Peran Kewirausahaan Dalam Pertumbuhan Ekonomi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Yunitasari, C., & Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk PersonalBranding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1(No.1), 1–8.

Zuldafrial. (2021). Bab 3 Keabsahan data. Repository Stei, 20–30.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Hanim Maf’ula, Ahmad Farid Utsman, & Roudlotun Ni’mah. (2024). EKSISTENSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK INDONESIA (IGTKI) MELALUI MANAJEMEN PERSONAL BRANDING. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 168–181. https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3412

Issue

Section

Articles
Abstract View: 116, pdf Download: 63