PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK KELOMPOK A TK PKK KLEPEK DENGAN METODE STORY TELLING


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i1.3625Keywords:
Karakter bertanggung jawab; storytelling; anak usia dini; pendidikan karakter.Abstract
Kemampuan karakter bertanggung jawab tidak muncul dengan sendirinya; diperlukan pembiasaan, pemahaman, dan pengalaman. Dengan adanya rasa tanggung jawab dalam diri anak, mereka akan memiliki pengetahuan etis serta menjadi generasi yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karakter bertanggung jawab anak melalui metode storytelling. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A di TK PKK Klepek, terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang meliputi empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode storytelling berkontribusi signifikan dalam meningkatkan karakter bertanggung jawab anak. Persentase ketuntasan meningkat dari 33% pada prasiklus menjadi 50% pada siklus I, lalu 67% pada siklus II, dan mencapai 83% pada siklus III. Peningkatan ini menunjukkan bahwa storytelling dapat menjadi strategi efektif dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa guru dan pendidik dapat memanfaatkan storytelling sebagai metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk membangun karakter anak sejak dini
References
Agustina, F., & Bagus Kurnia, M. A. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling.
Astuti, M., & Sari, R. V. (2020). Membangun “Kereta” (Kedisiplinan, Religius, Tanggung Jawab) dengan Iqro’ Pagi Study Kasus TK Nur As-Salam Kelas B Madiun. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Dewi, I., Haryati, E., & Chandra, A. (2023). Story Telling dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5531–5538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5162
Hutami, S., & Jumiatin, D. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab melalui Metode Story Telling pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ceria, 4(3), 2714–4107.
Kusna, Siti Labiba, P. (2023). Big Book Storytelling : Stimulation Strategies in. KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.8548
Laksita, A., Hastiana, D., & Lestari, S. (2023). Penanaman Karakter Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7665–7673. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2306
Lestariningrum, A., & P.W, I. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan.
Mahendra, P. J. (2023). Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab melalui Metode Mendongeng Interaktif pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Maraqitta’limat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2). https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2
Nurkhalizah, E., & Ferianto. (2023). Implementasi Story Telling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.389
Nurzannah, Sitepu, M. J., & Zailani. (2023). Bercerita dengan Teknik Chain Story untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini.
Oktavia, M. D., & Junaisih, D. M. (2021). Upaya Penanaman Pendidikan Akhlak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Syntax Admiration, 2(2).
Oktaviani, A. &, & Laely, K. (2024). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan. Jurnal AUDHI, 6(2), 1–14. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI1
Opan, A., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, Supeningsih, Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, Fitria, Puspita, Y., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, H. A. N. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. www.penerbitwidina.com
Purnama, S., Prima, S. R., & Pratiwi, H. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini (R. Indrawati, Ed.; Andri Purnama). PT Remaja Rosdakarya Offset. www.rosda.co.id
Puspita, Y., Fitriana, Guswanti, N., Lingga, J. L., & Zalisman. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar. Journal On Teacher Education, 4(2), 1673–1682.
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in Early Childhood Education: Time to go Digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Sumual, O. E. M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di TK Gmim Damai Rasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 382–389. https://doi.org/10.5281/zenodo.6982700
Ulfah, M., Asdar, A., & Nurdiyah, N. (2023). Penggunaan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5351–5358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3737
Ustman, A. F., & Hanifah, U. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dengan Memberi Identyty Card di Kelompok A. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 54–65. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

