KETIADAAN PAUD INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: ANTARA TANTANGAN DAN HARAPAN


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i1.3785Keywords:
PAUD Inklusi; Anak Berkebutuhan Khusus; Hak Pendidikan; Perkembangan Anak; Kebijakan PendidikanAbstract
Ketiadaan layanan pendidikan PAUD bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) menjadi tantangan serius dalam sistem pendidikan Indonesia, terutama di daerah dengan akses terbatas terhadap fasilitas inklusif dan kurangnya tenaga pendidik terlatih. Banyak pendidik di lembaga PAUD belum memiliki keterampilan khusus dalam menangani ABK, sehingga hak anak atas pendidikan yang setara belum terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari ketiadaan layanan PAUD inklusi terhadap perkembangan anak serta implikasinya terhadap pemenuhan hak pendidikan, hak penyandang disabilitas, dan hak tumbuh kembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan orang tua, serta analisis jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanpa layanan pendidikan inklusi, anak mengalami keterlambatan dalam perkembangan kognitif, sosial-emosional, dan bahasa. Selain itu, kondisi ini bertentangan dengan regulasi yang menjamin hak pendidikan bagi semua anak. Penelitian ini menegaskan perlunya kebijakan yang lebih komprehensif untuk memastikan akses pendidikan inklusi bagi ABK. Implikasi praktisnya mencakup peningkatan pelatihan bagi pendidik, pengadaan fasilitas yang ramah ABK, serta kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam membangun sistem pendidikan inklusif yang berkelanjutan.
References
Astawa, I. N. T. 2021. Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65-76.
Dahri, D., & Hendra, S. H. 2024. Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Arini: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 44-52.
Desiningrum, D. R. 2017. Psikologi anak berkebutuhan khusus.
Dewi, N. K. 2017. Manfaat program pendidikan inklusi untuk aud. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12-19.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. 2022. Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26-42.
Halalia, M. R. 2017. Pemenuhan Hak Politik Penyandang Disabilitas Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta. Supremasi Hukum: Jurnal Kajian Ilmu Hukum, 6(2), 1-24.
Lestari, R. M. 2023. Tinjauan Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Anak Untuk Tumbuh Kembang Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga, 7(2), 25-33.
Meilinda, F. P. 2022. Analisis Hukum Islam Dan UU Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Terhadap Persoalan Pemenuhan Hak Anak Disabilitas. Journal Hukum Islam Nusantara, 6(2), 27-40.
Meka, M., Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. 2023. Pendidikan inklusi sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20-30.
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232-240.
Pratiwi, J. C. 2016. Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2), 238-242.
Prema, K. K., Dewi, A. A. S. L., & Widyantara, I. M. M. 2022. Implementasi Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Dalam Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang Anak di Kabupaten Gianyar. Jurnal Konstruksi Hukum, 3(1), 120-124.
Maulida, Susi; Ismawati, P. (2020). MEDIA SMART TREE UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 9
Ramadhana, R. N. 2020. Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.
Rusmono, D. O. 2020. Optimalisasi pendidikan inklusi di sekolah: literature review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209-217.
Sukadari, S. 2020. Pelayanan anak berkebutuhan khusus melalui pendidikan inklusi. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2), 336-346.
Sumanto, R. P. A., Khotijah, S., Saputri, U., & Ramadhani, A. D. 2023. Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang Anak Melalui Website Situmbang. Com Di Kelurahan Mangunsari. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(2), 274-282.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

