EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KREATIF TERHADAP PERILAKU ADHD DI PAUD FATHUL QULUB MANDISARI


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i1.4032Keywords:
Pembelajaran Kreatif; Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD); Anak Usia Dini; Studi Kasus; Fokus dan Konsentrasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kreatif terhadap perbaikan perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada anak usia dini di PAUD Fathul Qulub Mandisari. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pembelajaran kreatif, seperti menggambar dan menari, terhadap perubahan perilaku anak dengan ADHD. Subjek penelitian meliputi guru dan anak didik PAUD Fathul Qulub Mandisari yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kreatif yang diterapkan di PAUD Fathul Qulub Mandisari efektif dalam memperbaiki perilaku anak dengan ADHD. Anak yang berpartisipasi dalam aktivitas kreatif mengalami peningkatan fokus dan konsentrasi, pengurangan gerakan impulsif, serta peningkatan kemampuan dalam mengikuti aturan dan berinteraksi sosial. Selain itu, ditemukan bahwa aktivitas menggambar dan menari membantu anak menyalurkan energi secara positif, sehingga mengurangi perilaku hiperaktif yang berlebihan. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kreatif dapat menjadi strategi alternatif bagi pendidik dan orang tua dalam menangani anak dengan ADHD di lingkungan PAUD. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis aktivitas, guru dapat membantu meningkatkan keterlibatan serta perkembangan sosial-emosional anak.
References
Aprilina, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Bercerita Melalui Metode Tanya Jawab Usia 2-4 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 199-209.
Arifiyanti, N. (2023). Kesalahan Fonologi pada Anak Berkebutuhan Khusus ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 429-435.
Chanet, G. D., & Utami, A. B. (2021). Menurunkan Perilaku ADHD dengan Melakukan Aktivitas Fisik pada Anak Usia Dini. Syntax Idea, 3(2), 291-297.
Chantika, B., Andika, W. D., & Pagarwati, L. D. A. (2024). Analisis Pembelajaran Seni Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 79-91.
Fathoni, M., & Bakhtiar, A. M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Kinestetik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus ADHD Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1679-1688.
Firabeliya, N. A., Dezyemita, T. R., Pasha, A. S., Arista, S. A., Kania, R., Jannah, A. M., ... & Zulaiha, D. (2024). Peningkatkan Kemampuan Seni AUD Melalui Teknik Kolase Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 110-123.
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. (2024). Peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melalui berbagai macam media pembelajaran. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 154-167.
Hayani, N., & Sit, M. (2024). Peningkatan Kreativitas dengan Menggunakan Media Bahan Alam pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Islamiyah. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 81-90.
Kurniawati, L., Putri, R. A., Afifah, A. A., & Kamil, S. W. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Musik Dan Gerak Pada Guru PAUD Di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 29-40.
Luthfillah, N., Aprily, N. M., Mulyana, E. H., & Qonita, Q. (2024). Symphony Of Growth: Efektivitas Pembelajaran Musik Untuk Merangsang Keterampilan Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 77-83.
Ni, R., Puspitasari, E., & Kusna, S. L. (2024). I Love Indonesia : A Junior Encyclopedia for Early Childhood Education to Promote Local Culture Using Ethnopedagogy. Journal of Islamic Education Students (JIES), 4(2), 313–325. https://doi.org/10.31958/jies.v4i2.13430
Novitasari, N., Zulfiana, H. N., & Masruroh, F. (2024). Strategi Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Media Loose Parts. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 64-69.
Pangestuti, S. T., & Darsinah, D. (2023). Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3509-3518.
Putri, N. P. W., Sukendri, N., Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2024). Pengenalan Nilai Seni Nusantara Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Wonderland. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 153-162.
Putri, N. T., Asthiningsih, N. W. W., & Milkhatun, M. (2024). Pengaruh Music Therapy Terhadap Penurunan Hiperaktivitas Pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD): Literature Review. JKM: Jurnal Keperawatan Merdeka, 4(1), 7-17.
Rosyad, A. (2022). Model dan Strategi Pembelajaran Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 591-600.
Rusnoto, R. (2016). Hubungan Pola Asuh Dan Riwayat Merokok Dengan Resiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Kasian. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 7(1).Jurnal Keperawatan Merdeka, 4(1), 7-17.
Sandrawati, F. C., Jamaris, M., & Supena, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Visipena, 10(1), 27-38.
Situmorang, Y. (2023). Model Pendampingan Anak Usia Dini ADHD di TK Sola Gratia Tikala Manad. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 4(2), 90-100.
Tauhida, O. O. K., & Pribadi, F. F. (2022). Pola Tindakan Guru Dalam Mendidik Anak Penyandang ADHD di SD Islam Permata Mojosari. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(2), 216-231.
Windi Febrianti, Ulfa, & Endang Puspitasari. (2023). Pengaruh tata kelola pojok baca sebagai upaya meningkatkan minat baca anak usia 5-6 tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 152–165. https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2204
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

