EKSPERIMEN SAINS BANJIR: MENUMBUHKAN LOGIKA DAN PEMAHAMAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL KUBRO LABAN MENGANTI GRESIK


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i1.4180Keywords:
Berpikir logis; Eksperimen sains; Pendidikan anak usia dini;Abstract
Proses pembelajaran di TK Islam Al Kubro Laban Menganti Gresik masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis anak. Observasi menunjukkan bahwa beberapa anak kesulitan dalam mengamati, mengklasifikasi, dan memahami hubungan sebab-akibat. Salah satu penyebabnya adalah minimnya kegiatan eksperimen sains yang hanya dilakukan sekali dalam setahun. Metode pembelajaran yang monoton juga berkontribusi pada kurang optimalnya perkembangan kognitif anak. Eksperimen sains dapat meningkatkan berpikir logis anak dengan memberikan pengalaman langsung dan pemahaman konkret terhadap konsep ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai pengaruh eksperimen sains terhadap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mengalami peningkatan pemahaman tentang bencana banjir. Mereka dapat menjelaskan bagaimana curah hujan tinggi menyebabkan sungai meluap serta dampak buruk sampah terhadap aliran air. Anak juga lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa eksperimen sains secara berkala dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak serta menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini.
References
Daryanto. (2020). Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Berbagai Macam Media Pembelajaran. Jurnal ABATA, 4(2). https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3391
Irmaida. (2020). "Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Flanel di RA Fathun Qarib Banda Aceh." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kognitif. Jakarta: Kemdikbud.
Khadijah, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dan Pengembangan Kognitifnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Koentjaraningrat. (2022). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.
Lestari, S. J., Chamidah, U., & Surya, S. (2019). "Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan dan Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru." Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 1-15.
Made, N. A. S., & Rimpiati, N. L. (2018). "Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90
Mahnun, N. (2018). "Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B." Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-8.
Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muhaimin. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Oktavia, S., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). "Analisis Penggunaan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 1-14.
Piaget, J. (2020). The Psychology of Intelligence. London: Routledge.
Puspitasari, E. (2022). Penggunaan Media Batu Berwarna untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). STKIP PGRI Ponorogo.
Sutrisno, J. (2021). "Pengaruh Berpikir Logis terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 120-135.
Suyanto, S. (2022). Strategi Pembelajaran PAUD: Metode dan Penerapannya. Yogyakarta: UNY Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Vygotsky, L. S. (2021). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Wiyani, N. A. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasi dalam PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliani, K. (2021). Eksperimen Sains dalam Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Malang: UMM Press.
Zulkifli, H. (2023). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Anak Usia Dini. Surabaya: Airlangga University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

