ECODIORAMA: PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i1.4182Keywords:
Ecodiorama Lingkungan; Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini; Pembelajaran Interaktif; Kesadaran LingkunganAbstract
Pendidikan karakter peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini untuk membentuk kebiasaan serta kesadaran anak dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media Ecodiorama Lingkungan sebagai alat bantu pembelajaran interaktif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sampel penelitian terdiri dari 22 anak kelompok B di RA Al Hidayah Pokaan, Kapongan, Situbondo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ecodiorama Lingkungan secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak dalam menjaga kebersihan lingkungan. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, pemahaman anak meningkat sebesar 30%, sementara observasi menunjukkan peningkatan perilaku positif, seperti konsistensi dalam membuang sampah pada tempatnya, kepedulian dalam merawat tanaman, serta inisiatif untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, hasil validasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa media ini memiliki keunggulan dalam daya tarik visual, interaktivitas, dan kesesuaian dengan karakteristik anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ecodiorama Lingkungan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pendidikan karakter, khususnya dalam menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Penerapan media ini dapat diperluas melalui pelatihan guru, kolaborasi dengan orang tua, serta integrasi teknologi interaktif untuk memperkaya pengalaman belajar anak.
References
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243
Ardiyanti, S., & Khairiah, D. (2021). HAKIKAT PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DIRI PADA ANAK USIA DINI. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 167–180.
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI MACAM MEDIA PEMBELAJARAN. ABATA (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini), 4(2), 154–167.
Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, Vol. 2, pp. 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29
Hasibuan, R. (2017). Perencaan Pembelajaran PAUD.
Ismail, M. J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, Vol. 2, pp. 49–57. Retrieved from https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Megawangi, R. (2017). Menyemai Benih Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation.
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 6, pp. 37–44.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Puspitasari, E., & Ni’mah, R. (2024). Local Wisdom Comics of Tuban District Culture: As a Media to Stimulate The Expressive Language of Early Children. Journal of Islamic Education Students (JIES), 4(1), 84. https://doi.org/10.31958/jies.v4i1.12273
Ramadhani, N. N., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 190–201.
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

