IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI MORAL PADA ANAK KELOMPOK B


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4449Keywords:
Nilai Moral; , Strategi Guru, Pembiasaan; , Anak Usia Dini, ParentingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai moral pada anak kelompok B di TK Langgeng Garjita, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai moral mencakup dua hal utama, yaitu penyesuaian strategi pembelajaran dengan latar belakang, pola asuh, dan gaya belajar anak, serta penerapan metode keteladanan, bercerita, bermain peran, pembiasaan, dan pemberian reward serta punishment. Dari beberapa metode tersebut, pembiasaan menjadi metode utama yang paling efektif dalam mendukung pembentukan karakter moral anak. Faktor pendukung keberhasilan strategi guru antara lain kompetensi pendidik lulusan S1 PAUD, konsistensi dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan, serta program kolaboratif seperti home visit dan piket wali murid. Adapun faktor penghambat yang ditemui adalah ketidakkonsistenan antara pembiasaan di sekolah dan di rumah. Hambatan ini diatasi melalui komunikasi aktif antara guru dan orang tua menggunakan WhatsApp, serta penyelenggaraan seminar parenting untuk memperkuat pemahaman pola asuh. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa strategi guru melalui pembiasaan dan kolaborasi dengan orang tua efektif dalam menanamkan nilai moral pada anak usia dini.
References
Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.
Astuti, D. (2023). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Anak Di TK AL AZHAR. Jurnal : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 191–200.
Cirimele, F., Pastorelli, C., Remondi, C., Zuffiano, A., Thartori, E., Gerbino, M., Di Giunta, L., Bacchini, D., Oburu, P., & Skinner, A. T. (2024). The development of prosocial behavior from late childhood to adolescence: a longitudinal and multicultural study. Frontiers in Developmental Psychology, 2, 1472589.
Dempster, M. (2020). An exploration of character education as a tool of ‘moral repair’in the developing world. Journal of Religious Education, 68(2), 249–265.
Do, K. T., McCormick, E. M., & Telzer, E. H. (2019). The neural development of prosocial behavior from childhood to adolescence. Social Cognitive and Affective Neuroscience, 14(2), 129–139.
Grueneisen, S., & Warneken, F. (2022). The development of prosocial behavior—from sympathy to strategy. Current Opinion in Psychology, 43, 323–328.
Hayuningsih, D. W. N. (2021). Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini Di Ra Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati. IAIN KUDUS.
Herlinawati, R., Nugraha, A. E., & Mardiana, M. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Ahfal Ella Hilir. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 6–11.
Huberman, & Miles, & S. (2014). Data management and analysis methods. In Handbook of qualitative research. (pp. 428–444). Sage Publications, Inc.
Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1).
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.
Mollborn, S., & Lawrence, E. (2018). Family, peer, and school influences on children’s developing health lifestyles. Journal of Health and Social Behavior, 59(1), 133–150.
Paramitra, R., Yuliati, N., & Saputri, S. weyara dienda. (2022). Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.585
Pendidikan, M. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Piaget, J. (2013). The moral judgment of the child. Routledge.
Rusiadi, R. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 846–857.
Selvia, D. Dela, Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2025). Peningkatan Karakter Tanggug Jawab Anak Kelompok A Melalui Aspek Moral. 5(1), 22–33. https://doi.org/10.32665/abata.v4il.3625
Watini, S., & Choiriyah, C. (2024). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Guru di Kelompok B TK Nusantara Plus School. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12394–12401.
Widiana, Y. W., Saepudin, A., & Dari, R. W. (2023). Strategi Perkembangan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 83–94.
Wijaya, K., & Rohmadheny, P. S. (2023). Storytelling sebagai Metode Penanaman Nilai-nilai Moral pada Anak Usia Dini. 308–314.
Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Yasin AlSys. Yasin, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

