PENGEMBANGAN MEDIA READING WHEEL BOARD UNTUK KESIAPAN MEMBACA ANAK TRANSISI


DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.5023Keywords:
Reading Wheel Board; kesiapan membaca; anak usia dini; media pembelajaran; ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesiapan membaca anak usia dini pada masa transisi dari Taman Kanak-kanak (TK) ke kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan sesuai perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Reading Wheel Board sebagai sarana untuk menstimulasi kesiapan membaca anak secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil kelayakan rata-rata di atas 90%. Implementasi media dilakukan di TK B dan kelas I MI Daarul Qur’an Benowo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak, dari kategori “Belum Berkembang” menjadi “Berkembang Sesuai Harapan”, dengan persentase peningkatan dari 41% menjadi 73% di TK, serta dari 74% menjadi 80% di kelas I MI. Guru kelas I menilai media ini sangat praktis (94%), sementara guru TK B menilai cukup praktis (58%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Reading Wheel Board efektif dalam menumbuhkan minat baca, meningkatkan kemampuan fonetik, serta mendorong keterlibatan aktif anak melalui pendekatan visual-kinestetik dan prinsip learning by playing.
References
Abidah Putri Ardelia, Adrias Adrias, & Salmaini Safitri Syam. (2025). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 304–316. https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.4007
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang.
Analisa Gea & Refni Fajar Wati Zega. (2025). Metode Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1622
Asip, M. (2023). Pentingnya Alat Permainan Edukatif Bagi Anak. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/pbndj
Aulia, K., & Mastoah, I. (2019). Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 Di Mi A- Hidayah Gorda (Studi kasus Kesulitan Membaca). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(02), 181. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2501
Darniyanti, Y., Budianto, A. A., & Anggrayni, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Roda Baca Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 UPT SD Negeri 13 Sitiung. 4(4). https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Ghozy, L. M., Negoro, A. P., & Rachman, I. F. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Menengah. 2(5). https://doi.org/10.62017/merdeka
Iftaturrohmah, Yuliati, N., & Suhartiningsih. (2022). Efektivitas metode bernyanyi berbantuan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 94–103.
Irnawati, I., Uswatun, D. A., & Nurmeta, I. K. (2024). Penerapan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3960–3971. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8699
Khalawati, F. N., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Urgensi Persiapan Anak Dalam Masa Transisi PAUD Ke SD.
Mufidah, I., & Maulidiyah, E. C. (2022). Pengaruh Game Belajar Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun. 10(4). https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Murni, F., Marjo, H. K., & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Pada Pembelajaran Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 438. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13434
Ningrum, Y. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Mission Ladders Materi Penggolongan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 12(05).
Nurdin, N. (2021). Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 56–67. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32
Rohma, S. (2024). Penerapan Media Roda Suku Kata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd Badrut Tamam. 11(1). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1875
Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N., & Herdiansyah, F. P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. 6(2). http://jonedu.org/index.php/joe
Simbolon, R. (2019a). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448
Simbolon, R. (2019b). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448
Solichah, N., & Fardana, N. A. (2024). Exploring multisensory programs as early literacy interventions: A scoping review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(5), 3411. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i5.28991
Suryaningsih, S., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218–225. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

