PENGEMBANGAN MEDIA READING WHEEL BOARD UNTUK KESIAPAN MEMBACA ANAK TRANSISI

Abstract View: 0, pdf Download: 0

Authors

  • Aisyah Amanah Fathicha Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Nurul Agustin INSTITUT AL AZHAR MENGANTI GRESIK
  • Sutono INSTITUT AL AZHAR MENGANTI GRESIK

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.5023

Keywords:

Reading Wheel Board; kesiapan membaca; anak usia dini; media pembelajaran; ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesiapan membaca anak usia dini pada masa transisi dari Taman Kanak-kanak (TK) ke kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan sesuai perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Reading Wheel Board sebagai sarana untuk menstimulasi kesiapan membaca anak secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan hasil kelayakan rata-rata di atas 90%. Implementasi media dilakukan di TK B dan kelas I MI Daarul Qur’an Benowo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak, dari kategori “Belum Berkembang” menjadi “Berkembang Sesuai Harapan”, dengan persentase peningkatan dari 41% menjadi 73% di TK, serta dari 74% menjadi 80% di kelas I MI. Guru kelas I menilai media ini sangat praktis (94%), sementara guru TK B menilai cukup praktis (58%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Reading Wheel Board efektif dalam menumbuhkan minat baca, meningkatkan kemampuan fonetik, serta mendorong keterlibatan aktif anak melalui pendekatan visual-kinestetik dan prinsip learning by playing.

References

Abidah Putri Ardelia, Adrias Adrias, & Salmaini Safitri Syam. (2025). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 304–316. https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.4007

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang.

Analisa Gea & Refni Fajar Wati Zega. (2025). Metode Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1622

Asip, M. (2023). Pentingnya Alat Permainan Edukatif Bagi Anak. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/pbndj

Aulia, K., & Mastoah, I. (2019). Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 Di Mi A- Hidayah Gorda (Studi kasus Kesulitan Membaca). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(02), 181. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2501

Darniyanti, Y., Budianto, A. A., & Anggrayni, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Roda Baca Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 UPT SD Negeri 13 Sitiung. 4(4). https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Ghozy, L. M., Negoro, A. P., & Rachman, I. F. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Menengah. 2(5). https://doi.org/10.62017/merdeka

Iftaturrohmah, Yuliati, N., & Suhartiningsih. (2022). Efektivitas metode bernyanyi berbantuan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 94–103.

Irnawati, I., Uswatun, D. A., & Nurmeta, I. K. (2024). Penerapan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3960–3971. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8699

Khalawati, F. N., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Urgensi Persiapan Anak Dalam Masa Transisi PAUD Ke SD.

Mufidah, I., & Maulidiyah, E. C. (2022). Pengaruh Game Belajar Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun. 10(4). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Murni, F., Marjo, H. K., & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Pada Pembelajaran Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 438. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13434

Ningrum, Y. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Mission Ladders Materi Penggolongan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 12(05).

Nurdin, N. (2021). Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 56–67. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32

Rohma, S. (2024). Penerapan Media Roda Suku Kata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd Badrut Tamam. 11(1). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1875

Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N., & Herdiansyah, F. P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. 6(2). http://jonedu.org/index.php/joe

Simbolon, R. (2019a). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448

Simbolon, R. (2019b). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448

Solichah, N., & Fardana, N. A. (2024). Exploring multisensory programs as early literacy interventions: A scoping review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(5), 3411. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i5.28991

Suryaningsih, S., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218–225. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.151

Downloads

Published

2025-09-26

How to Cite

Amanah Fathicha, A., Agustin, N., & Sutono. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA READING WHEEL BOARD UNTUK KESIAPAN MEMBACA ANAK TRANSISI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 162–182. https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.5023

Issue

Section

Articles
Abstract View: 0, pdf Download: 0