Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam di Era Modern

Abstract View: 390, PDF Download: 312

Authors

  • nurdiyanto nuridyanto UIN Sunan Gunung Jati
  • Muhajir Muhajir UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Saefudin Zuhri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hasan Basri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2797

Keywords:

Hakikat Kurikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif Al-Qur’an dan Hadits, komponen- komponen kurikulum, prinsip-prinsip dasar, kerangka dasar, landasan kurikulum, prinsip- prinsip kurikulum, dan orientasi kurikulum pada hakikat kurikulum pendidikan Islam yang sebenarnya berlandaskan filsafat dan teori yang sesuai dengan landasan normatif Al-Qur'an dan Hadits. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Library Research melalui literatur yang ada seperti jurnal, e-book, majalah, dan media internet lainnya. Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan kategorisasi yaitu memilah dan memilih data yang sesuai dengan penelitian. Setelah peneliti melakukan kategorisasi, data tersebut ditampilkan sebagai temuan penelitian dan diinterpretasikan dalam hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan memadukan pengetahuan umum dan khusus berdasarkan temuan melalui literatur yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen, prinsip dasar, kerangka dasar, landasan, asas, dan orientasi hakikat kurikulum pendidikan Islam mengandung unsur pendidikan di era abad-21 yaitu peserta didik atau peserta didik dituntut untuk kritis, berpikir, berkolaborasi, berkomunikasi, kreativitas, dan inovasi. Sehingga guru dalam melaksanakan pembelajaran yang diberikan kepada siswa sudah mengetahui hakikat kurikulum itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57–66.

Al-Qardhawi, Y. (1980). Pendidikan Islam Dan Madrasah Hasan Al-Banna, Terj. Bustami A. Gani, Jakarta: Bulan Bintang.

Alvian, R. A., & Ardhani, I. (2023). The Politics Of Moderate Islam In Indonesia: Between International Pressure And Domestic Contestations. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 61(1), 19–57. Https://Doi.Org/10.14421/Ajis.2023.611.19-57

Basori, R., Raharjo, T. J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2023). Maintaining Salafi Values Through Innovative Management Practices At Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 145–156. Https://Doi.Org/10.15575/Jpi.V9i2.25376

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Dermawan, R., Safitri, D., Sirait, M. T., & Ok, A. H. (2023). Memahami Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikram: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25–32.

Effendi, S. (2008). Ushul Fiqh. 42.

Ensiklopedi Hadits. (2015). Aplikasi Ensiklopedi Hadist Kutubut Tis’ah Versi Andriod. Lidwa Pusaka.

Glatthorn, A. A. (1987). Curriculum Leadership. Eric.

Hakim, M. L. (2023). Ismail Mundu On Islamic Law Ff Inheritance: A Content Analysis Of Majmū‘ Al-Mīrāth Fī Ḥukm Al-Farā’iḍ. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 61(1), 59–79. Https://Doi.Org/10.14421/Ajis.2023.611.59-79

Herlina, R., Misbahuddin, M., & Sultan, L. (2023). Korelasi Hukum Islam Dalam Pembinaan Kesadaran Hukum Masyarakat. Jurnal Keislaman, 6(2), 298–310.

Herman, J. L. (1992). A Practical Guide To Alternative Assessment. Eric.

Husaini, A. (N.D.). Pengaruh Lembar Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Ppkn Peserta Diklat Kurikulum 2013 Di Lpmp Kalimantan Timur Tahun 2016. Borneo, 187.

Johnson Jr, M. (1967). Definitions And Models In Curriculum Theory. Educational Theory, 17(2), 127–140.

Kemenag Ri. (2014). Buku Siswa Aqidah Akhlak Mts Kelas Vii. Kemenag Ri.

Khadafi, Z. A., Oktariani, C., Asri, M., & Silalahi, S. B. P. (2023). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 1–7.

Kustiawan, M. T., Rasidin, Mhd., Witro, D., Busni, D., & Jalaluddin, M. L. (2023). Islamic Leadership Contestation: Exploring The Practices Of Conservative Islamic Movements In Indonesia. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(2), 196. Https://Doi.Org/10.22373/Jiif.V23i2.14938

Lajnah, M. (2023). Lajnah Kemenag Ri (Terjemah Al-Qur’an). Kemenag Ri.

Langgulung, H. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam, Edisi Revisi. Jakarta, Al-Husna Zikra, 350.

Liddini, L., Prayoga, U., & Luthfia, C. (2022). Makna Kata Auliya’dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 160–175.

Maftuhah, S., & Saputri, S. S. (2023). Urgensi Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Self-Motivated Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist. Jurnal Keislaman, 6(2), 289–297.

Maram, A. N., Nasir, M. R., & Aziz, H. (2023). The Islamic Values And Democratic Ideals Navigating The Intersection Of Islam And Democracy. Jurnal Keislaman, 6(2), 340–359.

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: Kencana. Cet. Ii, 143.

Mulyadi, I. W. (1988). Usman. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Edited By Bina Aksara. Jakarta, 49.

Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1).

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam I (Jakarta; Logos Wacana Ilmu, 1997). Paradigma Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan Islam.

Nawawi, A.-B. (2001). Muroh Labid (Tafsir Munir) Li Kasfyi Ma’na Al-Qur’anul Majid Juz Ula. Al-Haromain.

Nidawati, N. (2021). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 22. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V11i1.8427

Nurdin, A. A. (2005). Islam And State: A Study Of The Liberal Islamic Network In Indonesia, 1999-2004. New Zealand Journal Of Asian Studies, 7(2), 20.

Nurdiyanto, N., Jamal, J., Isnaini, N. A., & Yulianti, F. (2023). Landasan Filosofis-Teologis Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 889–912.

Nuriyanti, N. (2008). Filsafat Pendidikan Islam Tentang Kurikulum. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 5(3), 329–338.

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2).

Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia. Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(2), 114–126.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 7911–7915.

Quraish, S. M. (2002). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 1, 507–508.

Raharjo, R. (2010). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Magnum Pustaka, 35.

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar. Id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 1–24.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ramayulis, I. P. I. (2004). Cet. Iv. Jakarta: Kalam Mulia, 152.

Rasyidin, A. (2008). Falsafah Pendidikan Islami. Perdana Publishing.

Ridlo, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Islam Bagi Pesera Didik Di Abad Ke-21. Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 18–27.

Salim, A. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2).

Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108.

Samsul, N. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres.

Saputro, Y. E. (2021). Hakikat Dan Majaz. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 604–609.

Sari, A. I., & Setyaningsih, R. (2023). Islamic Education Curriculum Planning Model. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Setiawan, F., Ramadhan, A. S., Julianti, T., & Widodo, S. (2021). Implementasi Konsep Dasar Kebijakan Peniddikan Islam Di Indonesia. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 87–98.

Sidik, F. (2020). Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2).

Silahuddin, S. (2014). Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Antara Harapan Dan Kenyataan). Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 331–355.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). Alfabeta Cv.

Tiswarni, T., Hidayat, R., Novia, A., Jayusman, J., Hadi, S., & Alfadhli, A. (2023). Towards The Empowerment Of Waqf Based On Community Needs In The Mentawai Islands West Sumatra: The Case Of The Al-Qur’an Wakaf Board. Mazahib, 22(2), 309–350. Https://Doi.Org/10.21093/Mj.V22i2.5908

Ubaedillah, A. (2023). The Minority And The State: Chinese Muslims In The Modern History Of Indonesia. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 61(1), 107–136. Https://Doi.Org/10.14421/Ajis.2023.611.107-136

Wasehudin, W., Rohman, A., Nizarudin Wajdi, M. B., & Marwan, M. (2023). Transforming Islamic Education Through Merdeka Curriculum In Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 255–266. Https://Doi.Org/10.15575/Jpi.V9i2.28918

Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 185–196.

Wong, M., Soon, J. A., Zed, P. J., & Norman, W. V. (2014). Development Of A Survey To Assess The Acceptability Of An Innovative Contraception Practice Among Rural Pharmacists. Pharmacy, 2(1), 124–136.

Zainal Abidin, N. H., & Nasohah, Z. (2023). The Complexities Of Implementing Gazetted Fatwas In Malaysia’s Federal Territories. Mazahib, 22(2), 485–518. Https://Doi.Org/10.21093/Mj.V22i2.5862

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

nuridyanto, nurdiyanto, Muhajir, M., Zuhri, S., Basri, H., & Suhartini, A. (2024). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam di Era Modern. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 16–38. https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2797
Abstract View: 390, PDF Download: 312