Internalisasi dan Nilai-Nilai Moderasi Islam (Studi Pondok Pesantren di Provinsi Lampung)
Abstract View: 212, PDF Download: 117DOI:
https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2809Keywords:
Internalisasi, Nilai-Nilai Moderasi IslamAbstract
Di tengah masyarakat, sebenarnya agama telah dipahami secara proporsional dan sesuai dengan nilai-nilai dasar tujuan syariat (maqashid al- syariah), penyebutan maqashid alsyariah tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai yang dibawa agama seperti keadilan (al‘adl), keseimbangan (tawazun), moderat (tawassuth), proporsional (i’tidal), dan toleransi (tasamuh). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan konsep Internalisasi Dan Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Islam di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kota Bandar Lampung, Pondok Pesantren Nurul Huda Kabupaten Pringsewu dan Pondok Pesantren Ushuludin Kabupaten Lampung Selatan. Adapun jenis penelitian adalah diskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Lalu tehnik analisis terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian dalam konsep Internalisasi dan Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Islam bahwa penerapan nilai tawazun berbasis moderasi beragama di ketiga pondok pesantren tersebut semua menjalankan nilai-nilai moderasi. Nilai-nilai moderasi tidak hanya transformasi, transaksi, dantransinternalisasi, melainkan ada tindak lanjut setelah 3 tahap tersebut terlaksana yaitu tahap pertama terkait dengan tranformasi nilai, tahap yang kedua mengenai transaksi nilai, dan tahap ketiga berkaitan dengan transinternalisasi nilai Islam moderat di pondok pesantren dan selanjutnya terdapat tindak lanjut kegiatan semacam evaluasi untuk memantau santri dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderat.
Downloads
References
Adha, N,Z, dkk. 2023. Internaliasasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Materi Perkuliaha Mahasiswa IAIN Ponorogo. Madania Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol.13. No.1. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/download/20877/9182
Alisman. (2014). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 50. https://jurnal.usk.ac.id/EKaPI/article/view/3707
Avci-Hosanli, D., & Degirmencioglu, C. (2024). From “prototype” to “model”: Architectural and spatial development of Block A (1924–1945) of Istanbul’s Heybeliada Sanatorium. Frontiers of Architectural Research, 13(1), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.foar.2023.09.006
Boe, O., Bang, H., & Nilsen, F. A. (2015). Selecting the Most Relevant Character Strengthsfor Norwegian Army Officers: An Educational Tool. Procedia - Social and BehavioralSciences, 197, 801–809. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.188
Cain, C. P., Cain, L. N., & Rosser, V. J. (2018). Examining persistence factors of golf management students. International Hospitality Review, 32(1), 46–59. https://doi.org/10.1108/ihr-06-2018-0003
Egaji, O. A., Asghar, I., Griffiths, M. G., & Hinton, D. (2022). An augmented reality-based system for improving quality of services operations: a study of educational institutes.TQM Journal, 34(2), 330–354. https://doi.org/10.1108/TQM-07-2021-0218
Fatimah, Z. R. (2018). Pengaruh Perencanaan dan Peramalan Untuk Membangun Komitmen Karyawan Pada PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pemekasan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 75. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_makro_manajemen/article/view/398
Firdiansyah, dan Hendrawati, T. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Problem Based Learning. At-Tajdid. Vol.7. No.2. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2973
FoEh, K. S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia, Tinjauan Praktis Aplikatif. Bandung: Nilacakra.
Gunawan, H; Ihsan, M,N dan Jaya,E,S. 2021. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Jurnal Atthulab. Vol. 6. No.1. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/11702
Hatherley-Greene, P. (2014). The Cultural Border Crossing Index: implications for higher education teachers in the UAE. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives (Vol. 11, Issue 2). http://lthe.zu.ac.ae
Holotescu, C., Grosseck, G., & Danciu, E. (2014). Educational Digital Stories in 140 Characters:
Towards a Typology of Micro-blog Storytelling in Academic Courses. Procedia - Social
and Behavioral Sciences, 116, 4301–4305. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.936 Jesús Carrasco-Santos, M., Seyfi, S., Hosseini, S., Hall, C. M., Mohajer, B., Almeida-García,F., & Cortes Macías, R. (2024). Breaking boundaries: Exploring gendered challenges and advancing equality for Iranian women careers in tourism. Tourism Management, 103.
https://doi.org/10.1016/j.tourman.2024.104913
Kidd, C., Loxton, N. J., Uhlmann, L. R., & Donovan, C. L. (2024). Motivational processes contributing to disturbances in women’s body image and eating. Eating Behaviors, 52. https://doi.org/10.1016/j.eatbeh.2023.101826
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Paraskeva, N., Pegram, G., Goel, R., Mandhaani, M., Suneja, V., White, P., & Diedrichs, P.C. (2024). A cognitive dissonance body image intervention ‘Free Being Me’ deliveredby guide leaders to adolescent girl guides in India: A pilot and acceptability trial. Body Image, 48.
https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2023.101658
Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016
Ruthner, A. R. (2012). The Status of the German Minority Within the Multi-Ethnic Educational System of the Banat Region – a Historical Overview Focusing on the Multicultural Character of the Region. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1435–1439. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.316
Sembiring, M. G. (2017). Exploratory study of academic excellence associated with persistence in ODL setting. Asian Association of Open Universities Journal, 12(2), 125–136. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-01-2017-0015
Robert Tua Siregar, d. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
Sudiro, A. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Malang: Universitas Brawijaya Press. Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Taufikurrahman, M. T. (2016). Aktualisasi nilai-nilai Kecerdasan Emosional dalam Manajemen
di Perguruan Tinggi. Pamekasan: Duta Media Publishing. Usman, H. (2014). Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Utami, D. M., Ikhsan, M., Dartanto, T., & Mallarangeng, R. (2024). The role of the 30% threshold for Islamic parties: A fast-growing middle class and religion-based political preferences in Indonesia. Heliyon, 10(4).https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e25700
Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, Vol 3 No 1 halaman: 1-26. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3434
Yasin, A. F. (2011). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Yoshida, N., Matsuda, M., & Miyamoto, Y. (2021). Intercultural collaborative lesson study between Japan and Germany. International Journal for Lesson and Learning Studies, 10(3), 245–259. https://doi.org/10.1108/IJLLS-07-2020-0045
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saiful Bahri Bahri, Waluyo Erry Wahyudi, Sunarto Sunarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.