Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Salafiyah Tanjungsari

Abstract View: 99, PDF Download: 57

Authors

  • Yulia Rakhma Salsabila UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh. Wasith Achadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2817

Keywords:

Kurikulum Merdeka , Madrasah Ibtidaiyah, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Perubahan kurikulum disesuaikan dengan perkembangan zaman, dalam menjawab keinginan masyarakat untuk menciptakan lulusan yang unggul dan kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IV MI Salafiyah Tanjungsari, serta problematika guru khususnya guru sejarah kebudayaan Islam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 1 orang yaitu guru Sejarah Kebudayaan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian Kurikulum Merdeka mata pelajaran SKI di MI Salafiyah Tanjungsari sudah cukup baik meskipun masih ada beberpa kendala yang dihadapi seperti belum adanya buku paket mata pelajaran SKI Kurikulum Merdeka, tetapi hal itu tidak menghambat proses pembelajaran mata pelajaran SKI di MI Salafiyah Tanjungsari. Problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka meliputi pertama, belum adanya kesiapan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka karena kurangnya pemahaman dan pengalaman guru secara mendalam tentang Kurikulum Merdeka. Kedua, kurangnya sosialisasi atau bimtek tentang Kurikulum Merdeka yang masih sangat kurang dan hanya dilakukan secara online. Ketiga, belum adanya pendampingan khusus kepada guru-guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Keempat, Kurangnya akses terhadap materi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan Kurikulum Merdeka. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran SKI dan disarankan untuk membandingkan analisis penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran SKI di 1 atau 2 sekolah Madrasah Ibtidaiyah agar memberikan wawasan yang mendalam tentang keberhasilan, tantangan dan variasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinar, K. (2023). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.783

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Akhmadi, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah ibtidaiyah. Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1), 33–44. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.310

Anas & Akhmad Zaenul Ibad, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1043

Aprilia, I. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi Pada Materi SKI di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.6026

Fachrudin, Y. (2023). Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 6(1), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.458

Fathiha, N. (2023). Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo. Jurnal Islamic Pedagogia, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.89

Firan, N. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Kota Batusangkar. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24903/pm.v8i1.1216

Fitriyah, C. Z. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Imu.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-

di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As- Salam I, 8(1), 47. https://doi.org/https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Lubis, D. M. R. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamic Education, 1(2), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mu’iz, M. A. (2023). Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar di MI Terpadu Al-Madani Margorejo Pati. Journal Of Comperhensive Science, 2(7). https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.456

Muhammad Sobri, D. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka SD/MI Di Indonesia. Journal of Development and Research in Education, 3(2), 28.

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Nurjannah. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Foramadiah: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 11(1), 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.144

Pramudyani, A. V. R. (2018). Penelitian Pendidikan. Penernit Suryacahya.

Pratycia, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Prihatin, Y. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Jurnal on Education, 6(1).

Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Proceeding Umsurabaya.

Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rofiah. (2023). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada MTsN 3 Banyuwangi. Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.397

Rohman, M. (2023). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum KMA 183 Tahun 2019 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 191–202.

Rusmiati, M. N. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Sela, A. (2024). Analisis Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i1.1557

Sherly. (2021). Merdeka Belajar Kajian Literatue. UrbanGreen Conference Proceeding Library.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. CV. Sarnu Untung.

Sutama. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Muhammadiyah University Press.

Syurgawi, A. (2020). Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot: Jurnal of Islamic Education, 4(2), 173–191.

Tabrani, A. (2023). Modul Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Wahyudi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 7(6). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6507

Widiasworo, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern. Araska.

Wijayanti, I. (2023). Kesiapan Madrasah Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MIN 2 Bantul. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(387). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5403

Zahir, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Salsabila, Y. R., & Achadi, M. W. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Salafiyah Tanjungsari. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 65–84. https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2817
Abstract View: 99, PDF Download: 57