Manajemen Sistem Evaluasi Kinerja Guru Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah Mu’allimin Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo
Abstract View: 112, PDF Download: 98DOI:
https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2950Keywords:
Kinerja Guru, Manajemen Sistem EvaluasiAbstract
Pelaksanaan sistem evaluasi kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional. Dalam mewujudkan guru yang profesional maka di butuhkan sebuah manajemen sistem evaluasi kinerja guru guna meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Mu’allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen sistem evaluasi kinerja guru dan perencanaan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tehnik dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan melalui tahapan data display, data kondensasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen sistem evaluasi kinerja guru meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Mu’allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo. Kegiatan yang dilakukan guru meliput perencanaan kinerja guru dan proses pembelajaran. Hal ini penting dalam tercapainya tujuan mutu pendidikan. Hal- hal yang dilakukan seperti menyiapkan materi, membuat perangkat pembelajaran dan lain-lain. Manajemen sistem evaluasi kinerja guru merupakan upaya untuk meningkatkan sikap profesional guru dalam kinerjanya selain itu juga usaha kepala madrasah untuk mengetahui kinerja guru dalam proses belajar dan mengajar sehingga visi dan misi lembaga dapat tercapai.
Downloads
References
Alamiah, Y., & Kartiwi, A. P. (2021). Evaluasi Program Penilaian Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(3), 111–118.
Ali, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Di SMA Negeri 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan. Serambi Konstruktivis, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i2
Andi Warisn, A. (n.d.). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada Lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Lampung Selatan.
Atnawi, A. M. J. (n.d.). Efektifitas Evaluasi Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madarasah Diniyah Awwaliyah Miftahur Rahmah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2
Feybi Ismail, M. U. (n.d.). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran).
Huda, M. (2022). Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083
Ikwandi, M. R. (2022). Dualisme Pendidikan Manajemen Pendidikan Sekolah Dan Madrasah. EDUSIANA: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 105–124.
Khoiriyah, S., Amiruddin, A., Salik, M., & Zaini, A. (2023). Menuju Kebijakan Pendidikan Satu Atap: Kritik atas Dualisme dan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(1), 58–71. https://doi.org/10.33367/ji.v13i1.3523
Khoiriyah, S., Faizin, M., Asror, M., & Kusaeri, K. (2023). Research Trends in School Excellent Model (SEM): The Future Insights for Islamic Education Assessment. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 907–922. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3143
Maya, E. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Di Kecamatan Pamenang Barat. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(6), 562–570.
Monalisa, F. N., Nasution, I., Lestari, E., Saraini, I., & Maqfiroh, L. (2022). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyyah Swasta Bina Taruna Medan Marelan. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 165–178.
Nuryanto. (n.d.). Peningkatan Mutu Madrasan Ibtidaiyah: School-Based Management dan Kompetensi Guru Madrasah. http://www.
Pahrudin, A. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada Man Di Provinsi Lampung. Pustaka Ali Imron.
Perdana, N. S. (2019). Implementasi Ppdb Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.186
Ramayanti, A. E. M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu. 10(2).
Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584
Sudaryat, Y. (2016). Mutu Manajemen Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 2541–2561. https://doi.org/10.17509/jpp.v14i1
Yakolina. (2023). ISTIQRA’ Pelaksanaan Kegiatan Penilaian Perencanaan Pembelajaran Untuk Meningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Di SD Negeri 2 Kota Parepare Tahun Pelajaran 2016/2017. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 10(2), 171–189.
Zakiyudin, A. (n.d.). Evaluasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Sekolah Wirausaha Indonesia. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Fauzi Hidayah, Endah Triwisudaningsih, Ahyar Ma'arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.