Buku Pendamping untuk Pendidik PAUD dalam Mengenalkan Kearifan Lokal Bojonegoro
Abstract View: 64, pdf (Bahasa Indonesia) Download: 83DOI:
https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.215Keywords:
Buku Pendamping, Guru, Kearifan LokalAbstract
Anak usia dini berada pada masa golden age, pada masa ini potensi yang dimiliki anak hendaknya dioptimalkan, salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi anak melalui Pembelajaran di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik dengan memperhatikan unsur kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan, daya dukung, dan keinsidentalan. Tema yang paling dekat dimulai dari diri sendiri, setelah itu lingkungan. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Agar anak mengenali lingkungannya maka dapat ditambahkan subtema kearifan lokal disekitar anak. Anak memiliki beragam potensi dengan keunikannya masing-masing siap distimulasi oleh pendidik. Pendidik hendaknya juga siap menjadi fasilitator bagi anak, salah satunya dengan melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru dibekali buku pedoman yang telah diterbitkan oleh pemerintah, tetapi belum ada buku pendamping yang secara spesifik menjabarkan tentang kearifan lokal daerah masing-masing. Maka lembaga dapat menambahkan subtema kearifan lokal khususnya topik Salak Wedi sebagai salah satu kearifan lokal Bojonegoro, dan guru mendapatkan buku pendamping mengenai Salak Wedi sebagai potensi kearifan lokal Bojonegoro.
Downloads
References
Anam, Choirul, Noviaty Kresna Darmasetyawan, and Eko Nugroho, ‘IbW Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro Perbaikan Budidaya Tanaman Salak’, Research Report, 2017, 1081–93
Creswell, John W, Reaserch Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed., Edisi Keti (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)
Depdikbud, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’, 2015, p. Pasal 12 dan Pasal 13
———, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta, 2015), p. Pasal 31
———, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta, 2015), p. Pasal 37 Ayat 1
———, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta, 2015), p. Pasal 24 Ayat 1
———, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta: Depdikbud, 2015), p. BAB IV Pasal ( ayat 1 dan 2)
Depdiknas, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta: Depdiknas, 2015), p. Pasal 24 Ayat 1
———, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta, 2015), p. Lampiran II
Dwiyanto, Djoko, and Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, ‘Metode Kualitatif: Penerapannya Dalam Penelitian’, Tersedia: Http://Inparametric. Com/Djoko_dwiy@ Ugm. Ac. Id, 2002
Fazrin, Intan, Heri Saputro, and Arina Chusnatayaini, ‘Intelegensi Quotient Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Stimulasi Pendidikan Anak Usia Dini’, STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6.2 (2017), 53–58
Isnendes, Retty, ‘Estetika Sunda Sebagai Bentuk Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Tradisional Dalam Sawangan Pendidikan Karakter’, Edusentris, 1.2 (2014), 194–206
Kemendikbud, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring)’, Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan, 2016 <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bahan ajar>
Kurniawan, Candra, ‘Meriahnya Festival Salak Wedi Bojonegoro 2018’, Blog Bojonegoro.Com (Bojonegoro, 2018) <http://blokbojonegoro.com/2018/12/29/meriahnya-festival-salak-wedi-2018/>
Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, and Muhammad Afandi, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini; Teori Dan Aplikasi, Cetakan ke (Jakarta: Kencana, 2014)
Mustofa, Dedi, Rahmitha P. Soendjojo, Nurmiati, Aris Susanti, and Irma Yuliantina, Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kemendikbud, 2018)
Ni’mah, Roudlotun, Siti Labiba Kusna, and Eshthih Fithriyana, ‘PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SEKOLAH BERASRAMA DI BOJONEGORO’, MIYAH: Jurnal Studi Islam, 14.2 (2019), 118–48
‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’ (Jakarta: Depdiknas, 2015), p. Pasal 24 Ayat 2
Rahmada, Adistara Surya, ‘Mengenal Bojonegoro Dan Sejarahnya’, Bojonegoro Kota Segudang Potensi, 2012 <https://potensi-bojonegoro-matoh.blogspot.com/2013/10/mengenal-bojonegoro-dan-sejarahnya.html>
———, ‘Potensi Bojonegoro Matoh’, Bojonegoro Kota Segudang Potensi, 2012
Sujiono, Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cetakan 1 (Jakarta: PT Indeks, 2009)
———, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cetakan 1 (Jakarta: PT Indeks, 2009)
———, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cetakan Pe (Jakarta: PT Indeks, 2009)
———, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cetakan Pe (Jakarta: PT Indeks, 2009)
Susanto, Ahmad, Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori), Cetakan 1 (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)
Widiastuti, Siwi, ‘Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal Untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak, 1.1 (2012)
Wulansari, Betty Yulia, ‘PELESTARIAN SENI BUDAYA DAN PERMAINAN TRADISIONAL MELALUI TEMA KEARIFAN LOKAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI’, JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2.1 (2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Al Ulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.