PERILAKU KONSUMEN PADA MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract View: 67, PDF Download: 861DOI:
https://doi.org/10.32665/almaqashidi.v4i2.912Keywords:
Perilaku, Konsumen, MarketplaceAbstract
Setiap manusia diberikan hak untuk memiliki sesuatu, tidak terkecuali dalam upaya
memenuhi kebutuhan hidup. Pemenuhan tersebut memunculkan perilaku konsumen
terhadap pembelian suatu produk. Teori perilaku konsumen merupakan teori yang
mempelajari bagaimana manusia memilih diantara berbagai pilihan yang dihadapinya
dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Perilaku konsumen dibedakan
menjadi dua, yaitu perilaku konsumen secara konvensional dan perilaku konsumen
secara Islam. Prinsip yang digunakan dalam perilaku konsumen konvensional
menerapkan prinsip utilitarianisme, sedangkan prinsip yang digunakan dalam perilaku
konsumen Islam menerapkan prinsip pemenuhan kebutuhan dengan mempertimbangkan
konsep maslahah. Pada sekarang ini upaya pemenuhan kebutuhan lebih mudah
dilakukan dengan adanya marketplace yang menyediakan layanan jasa berbasis belanja
online yang mampu memenuhi semua kebutuhan dan keinginan para konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang bersumber dari buku dan
internet. Berdasarkan dari beberapa sumber yang diperoleh nantinya akan diketahui apa
yang menjadi motif perilaku konsumen, apakah masyarakat lebih menggunakan teori
perilaku konsumsi secara konvensional atau secara Islam, dan pengaruh marketplace
terhadap motif perilaku konsumen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 AL MAQASHIDI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.