Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Di Poli KIA Puskesmas X Demak
Abstract View: 175, PDF Download: 199DOI:
https://doi.org/10.32665/faskes.v1i3.2283Keywords:
Kepuasan, Kesehatan, Kualitas, PelayananAbstract
Latar belakang: Pelayanan kesehatan di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak belum memenuhi harapan masyarakat. Tujuan: Penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan terhadap survei kepuasan masyarakat. Metode: Penelitian kuantitatif analitik dengan cross sectional. Jumlah sampel 100 responden dipilih secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan pedoman survei kepuasan masyarakat yang terdiri dari sembilan indikator. Uji korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Tidak ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi tangibles terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,053 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi reliability terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi responsiveness terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi assurance terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi empathy terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05. Simpulan dan saran: Tingkat kualitas pelayanan kesehatan terhadap survei kepuasan masyarakat yang diberikan berada pada kategori “Baik” dengan jumlah nilai konversi sembilan indikator survei kepuasan masyarakat adalah 65,75. Perlu diadakan survei indeks survei kepuasan masyarakat secara berkala di Puskesmas X Demak Kabupaten Demak
References
Ahmad, H., & Napitupulu, M. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 6(2). https://doi.org/10.51933/health.v6i2.546
Ardiyan, F., Yulianeu, Y., Fathoni, A., & ... (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Puskesmas Kedung Mundu Semarang). In Journal of ….
Elwindra Edi, E. J. (2015). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Jurnal Persada Husada Indonesia, Vol 2 No 4 (2015): Journal Persada Husada Indonesia Vol 2 No.4 Januari 2015.
Fahamsyah, D. (2018). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.189-196
Lubis, R. A., Putri, A. D., Ginting, T., & . D. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF), 3(1). https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467
Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 2(2). https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798
Ombudsman RI. (2022). Mengawasi Pelayanan Publik Bagi Pemulihan Yang Lebih Kuat.
Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014. (n.d.). Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
Permenpan Nomor 14 Tahun 2014. (n.d.). Permenpan Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Permenpan Nomor 14 Tahun 2017. (n.d.). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) .
Puskesmas X Demak. (2023). Kunjungan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) .
Riauwati, J., & Dwiyanti, N. T. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat: Studi Kasus di Kantor Kecamatan Cikalongwetan Bandung Barat. Remik, 7(1). https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12163
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2). https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8
Sumaedi, S., Yuda Bakti, I. G. M., Rakhmawati, T., Astrini, N. J., Widianti, T., & Yarmen, M. (2016). Indonesian public healthcare service institution’s patient satisfaction barometer (IPHSI-PSB): A new public healthcare patient satisfaction index. International Journal of Productivity and Performance Management, 65(1). https://doi.org/10.1108/IJPPM-07-2014-0112
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014. (2014). Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah .
Walukow, D. N., Rumayar, A. A., Kandou, G. D., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2019). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas, 8(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 FASKES : Jurnal Farmasi, Kesehatan, dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.