The Effectivity of Group Guidance with Discussion Techniques to Improve Self Efficacy

-

Authors

  • Siti Umi Zuhriyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Ulvina Rachmawati Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Agus Afriliyanto Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/lead.v1i1.886

Keywords:

Teknik Diskusi, Bimbingan Konseling, Self-Efficacy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya efikasi diri siswa yang ditandai kurangnya keyakinan, sering cemas dalam mengambil keputusan dan memiliki keraguan. Penelitian yang ditujukan untuk mengetahui keefektifan teknik diskusi untuk meningkatkan efikasi diri siswa ini menggunakan metode pre eksperimen dengan one group pretest – posttest design. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta skala efikasi diri yang diberikan kepada subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balen. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balen sebelum diberikan perlakuan dengan teknik diskusi berada pada kategori rendah dengan persentase 6.8% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik diskusi terjadi peningkatan menjadi 81.1% dengan kategori sedang. Maka, dapat menyimpulkan terdapat selisih antara pre-test dan post-test sebanyak 22.3%, artinya bimbingan kelompok teknik diskusi efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa.

Downloads

Published

2022-10-25